Casio Memperkenalkan Edifice Sospensione Tom’s 50th Anniversary EFS-S641TMS

by Han Jul 31, 2024 4 min read


Untuk membuat jam tangan chronograph ini, tim pengembangan Edifice melakukan penelitian terhadap mobil balap legendaris tersebut, yang telah direstorasi ke kondisi aslinya dalam proyek tahun 2018 lalu. Desain yang benar-benar dinamis, sesuai dengan jam tangan Edifice, menggabungkan berbagai detail, termasuk warna-warna utama, yang membangkitkan tampilan mesin balap legendaris yang menciptakan sensasi di dunia olahraga bermotor tahun 1970-an, membangkitkan sejarah TOM’S Racing yang membanggakan

Sekilas Tentang TOM’S

Logo TOM’S 50th Anniversary

Didirikan pada tahun 1974, TOM’S awalnya merupakan tim tuning resmi Toyota dan mengkhususkan diri dalam pengembangan dan penjualan suku cadang purnajual dengan fokus utama pada merek Toyota. Perusahaan ini juga berpartisipasi dalam balap mobil sebagai tim pendukung untuk Toyota baik di Jepang maupun internasional dalam kategori termasuk SUPER GT dan SUPER FORMULA. Edifice telah menjadi sponsor resmi tim tersebut sejak tahun 2013.

Spesifikasi

Jam tangan ini menggunakan case yang terbuat dari resin yang diperkuat serat karbon, sehingga memberikan kekuatan dan keringanan. Pemakain stainless steel bezel membuat jam tangan ini semakin kokoh. Dirancang dengan ukuran  lug-to-lug 50 mm, diameter 44,5 mm dan tebal 13,3 mm, membuat jam tangan ini kokoh namun tetap estetis. Selain itu, konstruksinya yang sporty dirancang untuk menahan tekanan air hingga 10 ATM (100 meter), membuatnya bisa digunakan untuk harian dan segala situasi tanpa khawatir terkena air hujan maupun dipakai berenang.

Angka 36 pada kaca di atas menit 36.

Kristal safir anti gores dengan lapisan anti-pantulan pada permukaan bagian dalam, meningkatkan visibilitas dial. Angka 36, ​​mobil andalan TOM yang ikut serta dalam ajang balap bergengsi SUPER GT dan SUPER FORMULA, tercetak pada kaca di posisi menit ke-36. Pada pukul 3 terdapat date dispay dengan ukuran yang memudahkan untuk dibaca.

Dial

Dial 2
Dial jaring-jaring dengan logo TOM’S dan Casio Edifice pada posisi pukul 3.

Dial tembus pandang dengan konstruksi dua lapis merepresentasikan fitur ikonik mobil TOM’S KP47 Starlet. Representasi itu dituangkan melalui pola jaring-jaring yang terinspirasi gril depan dan aksen ungu yang menyerupai penutup mesin 3K-R pada mobil TOM’S KP47 Starlet. Dial terbuat dari material serat karbon yang juga digunakan dalam mobil balap, dan terdapat logo TOM’S pada posisi jam 3.

Sub Dial
Subdial terinspirasi pelek.

Subdial pada pukul 12 (indikator 24 jam) dan pada pukul 6 (detik chronograph & power reserve indicator), menampilkan motif desain yang didasarkan pada roda Igeta ikonik yang ada pada mobil TOM’S KP47 Starlet. Dengan menonjolkan bentuk jari-jari yang khas dan tampak seperti tanda pagar (#). Desain ini memungkinkan banyak cahaya masuk melalui solar cell pada subdial tersebut untuk mengisi daya pada jam tangan. Sementara itu subdial pada pukul 9 berfungsi sebagai indikator 30 menit countdown chronograph.

Strap, Backcase & Movement

Strap 2
Logo TOM’S pertama pada strap.

Jam tangan ini dibekali leather strap dan pada leather strap yang lebih panjang, diberi label dengan logo pertama TOM’S. Logo tersebut merupakan  sentuhan nostalgia dari masa-masa awal TOM’S beridir. Terdapat aksen hijau di sepanjang sisi strap. Sedangkan strap yang lebih pendek menampilkan desain padded dimensional yang mengingatkan pada pilar B mobil TOM’S KP47 Starlet.

Strap
Padded berdimensi pada strap.

Selain itu, terdapat loop ganda dengan desain berbeda. Loop berwarna hitam yang terbuat dari metal memiliki bentuk yang meruncing dan diberi dua lubang berukuran berbeda. Lubang ini terinspirasi dudukan kaca spion pada kap mobil TOM’S KP47 Starlet. Sedangkan loop kulit merepresentasikan warna bodi mobil TOM’S KP47 Starlet dengan sentuhan warna putih, merah, dan hijau.

Loop
Loop hitam terinspirasi dudukan spion.

Pada backcase, terdapat ukuiran logo TOM’S dan logo Edifice. Jam tangan ini dibekali  pengisian tough solar movement dengan sistem pengisian daya tenaga surya yang mengubah cahaya menjadi energi. Sinar matahari atau cahaya dari lampu neon akan secara otomatis menambah daya jam tangan ini. Dalam kondisi penuh, jam tangan ini bisa bertahan sekitar lima bulan jika disimpan tanpa terkena cahaya sama sekali.

Backcase & box.

Yang spesial, jam tangan ini dibekali kotak khusus yang menampilkan warna dasar putih, merah, dan hijau yang merupakan warna bodi mobil TOM’S KP47 Starlet dengan dua logo TOM’S yang berbeda. Jam tangan ini infonya akan didistribusikan pada bulan Agustus. Sambil menunggu, kamu bisa cek koleksi Casio Edifice lainnya hanya di Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more