Winding up,
Almost Ready ...

Bell & Ross BR-X5 Iridescent dengan Dial “Bunglon” yang Warnanya Berubah-ubah

by Han Oct 15, 2024 4 min read
Bell & Ross BR-X5 Iridescent dengan Dial “Bunglon” yang Warnanya Berubah-ubah

Di tahun 2021, jajaran BR-05 diperluas dengan model yang lebih sporty, yaitu BR-X5 dan didukung movement buatan Kenissi yang sudah sesuai standar Chronometer. Dan di tahun 2024 ini, Bell & Ross menambah referensi baru dan dirancang dengan dial yang terlihat menonjol. Seperti apa spesifikasinya? Mari simak bocoran selengkapnya tentang Bell & Ross BR-X5 Iridescent dalam artikel di bawah ini.

Spesifikasi Bell & Ross BR-X5 Iridescent

Bell & Ross BR-X5 Iridescent
Bell & Ross BR-X5 Iridescent

Bell & Ross BR-X5 Iridescent menggunakan stainless steel case dengan konstruksi multi-layer, brushed finish pada permukaan atas case, serta polished finish pada bevel, crown guard, dan sisi case. Case-nya berukuran 41 mm dan tebalnya 12,8 mm. Koleksi ini memakai kristal safir pada front dan pada transparent screw on caseback. Juga terdapat logo “&” pada crown yang dilindungi crown guard.

Case Bell & Ross BR-X5 Iridescen
Case Bell & Ross BR-X5 Iridescent

Konstruksi case multi-layer ini menawarkan case yang kedap air untuk melindungi movement yang digunakan. Pada bezel terdapat empat sekrup khas Bell & Ross. Untuk water resistant, jam tangan ini memiliki ketahanan air hingga 100 meter.

Caseback Bell & Ross BR-X5 Iridescent
Caseback Bell & Ross BR-X5 Iridescent

Dial “Bunglon” Bell & Ross BR-X5 Iridescent

Dial Bell & Ross BR-X5 Iridescent
Dial Bell & Ross BR-X5 Iridescent

BR-X5 Iridescent mendapatkan namanya dari warna-warna yang terpancar pada dial sunburst dengan efek seperti pelangi yang tercipta karena pembiasan cahaya. Ini adalah fenomena di mana permukaan benda warnanya akan berubah seperti “bunglon” tergantung pada sudut cahaya dan pandangan yang dicapai dengan menerapkan beberapa lapisan PVD coating.

Tiap lapisan dibuat dengan penyemprotan yang dilakukan secara hati-hati dengan berbagai proses. Dan ketika cahaya berinteraksi dengan struktur mikro yang terbentuk oleh lapisan-lapisan tersebut, maka akan menciptakan interferensi dan menghasilkan spektrum warna.

Pantulan warna pada dial akan bertransisi dari hijau – biru – ungu, dan pada sudut tertentu menghasilkan kilatan warna oranye. Bell & Ross menerapkan PVD coating di atas permukaan sunburst-textured untuk memperkuat efek tersebut. Sebagai tambahan, layout dial dan fungsionalitas dari Bell & Ross BR-X5 Iridescent tetap konsisten dengan model BR-X5 sebelumnya. 

Bell & Ross BR-X5 Iridescent pada kondisi minim cahaya
Bell & Ross BR-X5 Iridescent pada kondisi minim cahaya

Pada dial terdapat indeks marker dan trek detik. Lalu pada inner chapter ring yang miring terdapat skala menit. Date window besar menampilkan 3 tanggal yang terinspirasi dari altimeter pesawat, ditampilkan pada pukul 3 dengan background warna putih dan angka warna hitam. Subdial power reserve indicator ditampilkan pada pukul 9 untuk menjaga keseimbangan layout pada dial. Indeks marker, jarum jam, jarum menit, dan jarum pada subdial diisi white Super-LumiNova X1 untuk memastikan visibilitas yang baik pada kondisi minim cahaya. 

Movement Bell & Ross BR-X5 Iridescent

Bell & Ross BR-X5 Iridescent saat dipakai di pergelangan tangan
Bell & Ross BR-X5 Iridescent saat dipakai di pergelangan tangan

Bell & Ross BR-X5 Iridescent dibekali automatic movement caliber BR-CAL.323 yang dibuat oleh Kenissi. Movement ini sudah sesuai standar Chronometer (COSC) dengan akurasi -4 hingga +6 detik per hari. Movement ini memiliki power reserve 70 jam dan berdetak sebanyak 28.800 bph. Selain itu, movement juga dilengkapi fitur manual winding dan hacking second hand.

Bracelet dan strap Bell & Ross BR-X5 Iridescent
Bracelet dan strap Bell & Ross BR-X5 Iridescent

Bell & Ross BR-X5 Iridescent dilengkapi stainless steel bracelet dengan kombinasi brushed dan polished finish pada center link serta dilengkapi butterfly clasp. Koleksi ini dibanderol dengan harga EUR 8.990 atau sekitar Rp152 jutaan. Selain itu juga dihadirkan dalam white rubber strap dengan deployant clasp yang dibanderol dengan harga EUR 8.500 atau sekitar Rp144 jutaan. 

Bagaimana? Apakah kamu juga tertarik untuk mengoleksi Bell & Ross BR-X5 Iridescent dengan tampilan dial yang mengesankan seperti di atas? Dapatkan koleksi Bell & Ross BR-05 di sini dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more