Jewels

Silinder kecil berwarna yang tersebar di dalam movement. Fungsi jewels pada movement jam tangan adalah mencegah terjadinya aus pada poros tempat gear berotasi. Jewels ini umumnya berwarna menarik sesuai dengan jenisnya.

Ditemukan dan digunakan pada mesin jam tangan pada tahun 1704, dulu jewel yang digunakan adalah diamond asli dan pada 1902 dikembangkan dengan bahan sintetik sehingga tidak memakai diamond asli melainkan bahan kristal sapphire atau ruby dengan harga lebih terjangkau. Jumlah jewel berbeda-beda. Fungsi utama dari jewel mengurangi friksi atau haus akibat gear yg bersentuhan dan beputar terus menerus dan hampir tidak berhenti.

Jewel juga berfungsi mencegah mekanisme gear-gear macet atau berkaret. Jika gear-gear macet atau haus maka akan mempengaruhi tingkat akurasi sebuah mesin jam tangan. Ada juga jewel yg dirancang untuk anti shock atau shock absorber biasanya ditempatkan bagian atas dan bawa balance wheel. Didesain untuk melindungi balance wheel. Ada juga jewel yg berbentuk kotak dan berfungsi untuk menahan escape wheel. Minimal jewel yang biasa digunakan pada movement mekanik jam tangan adalah 17.