Crystal

Kaca yang melindungi dial dan jarum jam tangan dari benda-benda asing. Crystal seringnya dibuat dari material mineral, hardlex atau sapphire. Sapphire adalah material crystal jam tangan yang paling tahan goresan.

Bisa single domed (cembung di satu sisi), bisa double domed (cembung dua sisi), single domed akan menimbulkan distorsi jika dilihat dari samping. Lapisan anti refleksi bisa mengurangi pantulan.

Crystal Material

  • Acrylic
    Akriliik merupakan material kaca yang paling lunak, karena mengandung resin namun gampang di bentuk, gampang dipoles dan menyusut apabila terkena tekanan air yang sangat tinggi, tidak sebening mineral dan gampang kusam, teksturnya tidak selicin mineral. Akrilik tidak gampang pecah.
  • Mineral
    Mineral kristal ialah material kristal yang keras, lebih keras dari akrilik namun gampang tergores dan retak.
  • Hardlex
    Jenis kristal yang dikembangkan Seiko, prosesnya ialah menggunakan mineral kristal yang dikeraskan sehingga memiliki tingkat kekerasan lebih tinggi dari mineral kristal biasa, Hardlex lebih sulit tergores daripada mineral kristal dan lebih padat, namun tetap bisa tergores, walau. Apabila terkena benturan keras, tidak langsung pecah, namun akan retak terlebih dahulu pada permukaan atasnya.
  • Sapphire
    Lebih tahan gores dan tahan banting dari mineral crystal namun memiliki kelemahan yaitu sangat reflective karna itu sapphire crystal biasa dilapisi dengan anti reflective coating. Anti reflective coating memiliki bermacam-macam warna. Ada yang bening, biru, hijau dan lain lain

Berikut ini jenis sapphire crystal berdasarkan bentuk :

– Flat : bentuk crystal rata atau flat hasilnya dial tidak berubah, tanpa distorsi dan pembesaran
– Single dome : bagian atas cembung tapi bagian bawah rata. Hasilnya menghasilkan sedikit distorsi dan sedikit ada pembesaran
– Double dome : cembung bagian atas dan bawah. Hasilnya tidak ada distorsi sama sekali, clean dan tidak ada pembesaran.

Sapphire Crystal adalah Jenis batu mulia dengan kandungan almunium oxside, warnanya biasanya biru namun ada juga kuning, ungu, orange dan hijau. Jenis Sapphire antara lain :

  1. Natural Sapphire : batu sapphire yang dibuat oleh alam dimana berasal dari almunium
    oxside yang secara alami membentuk sebuah batu dan langsung di ambil dari alam.
    Biasanya warnanya biru.
  2. Lab Created Sapphire : memiliki bahan yg sama yaitu almunium oxside namun proses pembentukannya dilakukan dalam lab yang meniru dengan pembentukan alam. Bisa juga disebut sintetik sapphire. Sintetik sapphire biasa lebih kuat dan keras karena dibuat untuk non ornamental industry seperti untuk pembuatan kaca jam tangan.