Crystal

Kaca yang melindungi dial dan jarum jam tangan dari benda-benda asing.

Kaca yang melindungi dial dan jarum jam tangan dari benda-benda asing. Crystal seringnya dibuat dari material mineral, hardlex atau sapphire. Sapphire adalah material crystal jam tangan yang paling tahan goresan.

Bisa single domed (cembung di satu sisi), bisa double domed (cembung dua sisi), single domed akan menimbulkan distorsi jika dilihat dari samping. Lapisan anti refleksi bisa mengurangi pantulan.

Crystal Material

  • Acrylic
    Akriliik merupakan material kaca yang paling lunak, karena mengandung resin namun gampang di bentuk, gampang dipoles dan menyusut apabila terkena tekanan air yang sangat tinggi, tidak sebening mineral dan gampang kusam, teksturnya tidak selicin mineral. Akrilik tidak gampang pecah.
  • Mineral
    Mineral kristal ialah material kristal yang keras, lebih keras dari akrilik namun gampang tergores dan retak.
  • Hardlex
    Jenis kristal yang dikembangkan Seiko, prosesnya ialah menggunakan mineral kristal yang dikeraskan sehingga memiliki tingkat kekerasan lebih tinggi dari mineral kristal biasa, Hardlex lebih sulit tergores daripada mineral kristal dan lebih padat, namun tetap bisa tergores, walau. Apabila terkena benturan keras, tidak langsung pecah, namun akan retak terlebih dahulu pada permukaan atasnya.
  • Sapphire
    Sapphire merupakan material kristal yang anti gores dan hanya dapat tergores oleh diamond. Namun sapphire bisa langsung pecah berkeping-keping apabila terkena benturan yang sangat keras.