Sneak-Peek Seiko Presage Style60’s, Reinkarnasi Crown Chronograph yang Rilis Bulan Ini!

Sneak-Peek Seiko Presage Style60’s, Reinkarnasi Crown Chronograph yang Rilis Bulan Ini!

Calling you all the vintage-watch lovers! Bulan Juni ini mungkin akan menjadi salah satu most-exciting month buatmu. Sebab, di bulan ini Seiko akan secara resmi merilis seri jam tangan berdesain vintage yakni Seiko Presage Style60’s. Apa saja yang spesial dari jam ini, serta kenapa jam ini layak disebut sebagai ‘reinkarnasi’ dari the legendary Crown Chronograph 1964? Sambil menunggu kedatangannya di Jamtangan.com, yuk intip review Seiko Presage Style60’s yang sudah kami siapkan buatmu!

‘Reinkarnasi’ Crown Chronograph 1964 dalam Sentuhan Modern

Review Seiko Presage Style60's Machtwatch Jamtangan.com
1964 Crown Chronograph, jam chronograph pertama dari Jepang. (Image: Seiko)

Penggemar setia Seiko pasti tidak asing dengan jam tangan ‘legendaris’ The 1964 Crown Chronograph. Bagaimana tidak, sebagai jam chronograph pertama yang diproduksi oleh perusahaan dari negeri Sakura, Crown Chronograph mempunyai pengaruh besar dalam perkembangan horology merek Seiko. Terbukti meski hampir 60 tahun sudah berlalu sejak perilisannya, desain dasar Crown Chronograph yang identik dengan dressy sport-watch masih sering kita temui di seri-seri terbaru Seiko masa kini. 

Setelah tahun lalu Seiko merilis re-interpretation Crown Chronograph melalui seri Presage 2020 Limited Edition, tahun ini Seiko kembali menghadirkan koleksi serupa melalui Presage Style60’s. Salah satu seri teranyar Seiko ini layak disebut ‘reinkarnasi’ Crown Chronograph 1964 karena sukses mengadaptasi mid-century look dari sang jam legendaris, sekaligus mengombinasikannya dengan streamlined casual-style ala jam modern masa kini. 

Hadir dalam Lineup Variatif: Basic Dial & Open-Heart Dial 

Review Seiko terbaru 2021: Seiko Presage Style60's Machtwatch Jamtangan.com

Satu lagi kabar baik dari Seiko Presage Style60’s, adalah bahwa seri ini hadir dalam pilihan varisasi yang cukup beragam. Tidak tanggung-tanggung ada total sebanyak 7 lineup yang dihadirkan pada seri ini. Empat model dihadirkan dengan versi basic-dial (SRPG03, SRPG05, SRPG07, SRPG09). Cocok banget dimiliki kamu yang menyukai desain clean dan simpel. Basic-dial lineup ini secara seragam dihadirkan dengan movement Caliber 4R35, stainless steel case, dan oyster-bracelet strap kecuali pada model SRPG09 yang menggunakan nylon-strap. 

Review Seiko terbaru Presage Style60's Machtwatch Jamtangan.com

Sementara buat watch-lovers yang menyukai desain lebih sophisticated, bisa melirik lineup SSA423, SSA425, SSA426. Ketiga model ini dihadirkan dengan desain skeleton atau open-heart dial tepat di indikator angka 9 dan menggunakan movement automatic Cal 4R39. Sama seperti versi clean-dial, ada dua pilihan strap yakni oyster bracelet pada SSA423 dan nylon strap yang terkesan vintage namun sporty pada model SSA426. 

Apa yang Berbeda & Sama dari Crown Chronograph 1964? 

Review Seiko Presage Style60's terbaru dari Jamtangan.com Machtwatch
Desain bezel jadi salah satu perbedaan paling menonjol. (Image: Seiko)

Setelah melihat sendiri ‘penampakan’ Seiko Presage Style60’s, kamu pasti akan langsung melihat kalau seri teranyar ini mempertahankan general shape Crown Chronograph 1964 berupa mid-case yang cenderung tipis, 60-minutes bezel, dan bentuk angular-lugs. Tapi, beberapa detail sengaja dihadirkan berbeda untuk menambah sentuhan modern. Salah satu perubahan yang paling tampak, adalah bagian bezel yang sengaja dirancang dengan indikator lebih simpel dibandingkan versi pendahulunya. 

Kalau Crown Chronograph hanya memiliki fully-black finished bezel, Seiko Presage Style60’s juga hadir dalam pilihan warna bezel hitam, navy blue, dan green forest yang tampak lebih modern. Uniknya, jika Crown Chronograph sengaja dihadirkan dengan bezel yang bisa diputar sehingga menyerupai style jam tangan diver, Seiko Presage Style60’s justru memiliki fixed-bezel. Alhasil, desain diver-watch-wannabe yang semula dimiliki Crown Chronograph jadi terkesan kurang ‘useful’ di seri teranyar ini. Tapi overall, Presage Style60’s sukses ‘melahirkan’ kembali jam tangan legendaris dengan finishing-touch yang lebih align dengan masa kini. 

Tertarik Menambah ke Koleksi? Yuk, Lihat Spesifikasi Lengkapnya! 

Seri jam tangan terbaru Seiko Presage Style60’s akan dirilis pada Juni 2021 ini. Sambil menunggu kehadirannya, kamu bisa mempelajari spesifikasi lengkapnya di infografis ini. Kalau udah nggak sabar pengen nambah koleksi Seiko, kamu juga bisa banget belanja dan intip-intip koleksi Jam Tangan Seiko pilihan lainnya di sini. Have a great time choosing your favorite! 

Review Seiko Presage Style60's: Spesifikasi & infografis Machtwatch Jamtangan.com
(Infografik: Ria Adiyati/ Machtwatch) 
Categories: Seiko