Pecinta Seiko Harus Tahu! Rupa-Rupa Seri Seiko Di Tahun 2023

jenis jam tangan seiko

jenis jam tangan seiko

Seiko sudah melalui perjalanan panjang di dunia horologi dengan menyajikan jenis jam tangan yang beragam. Lahir sejak tahun 1881, menghiasi pergelangan tangan para watch enthusiast dan menjadi salah satu brand jam tangan terfavorit di dunia. Mulai dari Seiko Prospex, Seiko Presage, Seiko Astron, Seiko 5 Sports, dan King Seiko hadir dengan tampilan modern dan fitur yang memukau. Simak terus ulasan Minwatch berikut ini tentang berbagai jenis jam tangan Seiko berikut ini!

Sekilas Mengenai Jam Tangan Seiko 

Lahir sejak tahun 1881 melalui seorang watchmaker bernama Kintaro Hattori. Beliau memulai usahanya dengan membuka toko dan bengkel jam di Ginza, Tokyo. Seiring waktu berjalan, pada 1892 Kintaro Hattori mulai memperkenalkan jam dinding buatannya dengan nama Seikosha. Nama Seikosha menjadi cikal bakal nama Seiko, yang dalam bahasa Jepang mempunyai arti “sukses” atau “indah”.

Pada tahun 1913, Seiko memproduksi jam tangan mekanikal pertamanya dengan nama Laurel. Inovasi terus berlanjut dengan jam tangan bermesin quartz pertama didunia bernama Astron. Tidak sampai disitu, Seiko bahkan menciptakan jam tangan chronograph pertama didunia yaitu Crown Chronograph 1964.

Gambar asli Seiko Crown Chronograph tahun 1964. Sumber: Sumber: Seikowatches.com.

Seiko semakin sukses setelah menorehkan prestasi di kompetisi Geneva Observatory, di Jenewa Swiss, Kompetisi tersebut merupakan kompetisi bergengsi pada industri jam tangan. Kompetisi ini melibatkan seluruh watchmaker brand dari seluruh dunia, walaupun saat ini kompetisi ini hanya memfokuskan pada brand Swiss saja.

kamu juga bisa baca artikel berikut! : Tampil Sporty Dengan 10 Jam Tangan Pria Terbaik Ini

Prestasi Seiko terus berlanjut, pada tahun 1965 Seiko meluncurkan jam tangan diver pertama kali tepatnya setelah acara Olimpiade Tokyo. Tahun tersebut mempunyai makna yang luar biasa bagi Jepang, paska kekalahan perang dunia kedua. Seiko diver pertama pun lahir dengan nama Seiko 62MAS-010 yang merupakan jam diver dengan kedalaman 150m. Seiko juga sempat menggebrak dunia dengan jam tangan automatic chronograph pertama pada 1969 lewat 6139. Pada tahun yang sama, Seiko juga sukses membuat jam tangan dengan quartz movement pertama di dunia yaitu Seiko Quartz Astron.

Seiko juga merupakan official partner Olimpiade di Jepang 1964, Olimpiade 1992 di Barcelona, dan berbagai kejuaraan lainnya seperti Piala Dunia dan kejuaraan atletik dunia. Tidak hanya menjadi partner kejuaraan olahraga, Seiko juga beberapa kali tampil di film James Bond yang dibintangi Roger Moore pada era 80an. Kerapkali tampil dibeberapa film terkenal era 80-90 an salah satunya adalah film Predator yang dibintangi Arnold Scwharzenneger.

Seiko Arnie.
Sumber: Watchshopping.com.
Seiko 62MAS, jam diver pertama yang diciptakan Seiko.
Sumber: Jamtangan.com.

Seiko tidak hanya memproduksi jam tangan dan jam dinding saja, namun juga memproduksi alat-alat elektronik dengan merk Epson, seperti batere, micro chip dan lainnya. 

Kesuksesan Seiko yang begitu indah menunjukkan dedikasinya di dunia horology. Beberapa jam tangan buatan Seiko bahkan menjadi inovasi yang terus dinanti pecintanya seperti jenis jam tangan Seiko berikut ini.

Baca juga: 12 Jam Tangan Seiko yang Mencetak Sejarah

Series Jam Tangan Seiko 2023

1. Seiko Prospex

Seiko Prospex.
Sumber: Seikowatches.com.

Seiko Prospex adalah line up Seiko yang dibuat untuk para pecinta olahraga dan pencari petualangan baik di air, langit, dan darat. Jam tangan pertama yang diluncurkan pada tahun 1965 adalah Seiko 6217-8000 “62MAS” yang merupakan jam tangan penyelam pertama Seiko dengan spesifikasi tinggi untuk penyelam. Dari periode ini, Seiko terus berinovasi mengembangkan jam tangan penyelamnya menjadi patokan jam tangan dengan Professional Specifications (cikal bakal nama Prospex berasal dari Professional Specifications).

Hal itu dibuktikan dengan kerjasamanya dengan komunitas penyelam terbesar di dunia yaitu PADI. PADI adalah kepanjangan dari Professional Association of Diving Instructors yang merupakan organisasi yang melatih para scuba internasional. Seiko menciptakan jam tangan penyelam yang berkolaborasi dengan PADI dan mengkampanyekan “Save The Ocean” dimana Sebagian dari hasil penjualan koleksi ini akan disumbangkan ke Pusat Pembelajaran Laut Fabien Cousteau yang meningkatkan kesadaran tentang cara-cara untuk melestarikan dan melindungi perairan planet dan kehidupan laut yang terancam punah.

PADI Marine Debris Program Save the Ocean – Seiko Prospex.
Sumber: Seikowatches.com.

Seiko Prospex terus berkembang tidak hanya membuat jam tangan penyelam (Sea) dengan spesifikasi professional, namun Seiko juga membuat jam tangan untuk kegiatan outdoor (Land) dan untuk penerbangan (Sky). Selain itu ada juga Prospex LX line yang merupakan versi tertinggi dari lini Prospex, Street Series yang merupakan perpaduan professional dengan street fashion, serta Speedtimer yang berisi jam tangan chronograph. Mari kita ulas satu per satu jajaran jenis jam tangan Seiko Prospex.

A. Seiko Prospex Sea

Seiko Prospex Sea atau juga disebut Seiko Prospex Diver adalah line Prospex yang berhubungan dengan kegiatan menyelam di lautan. Beberapa koleksi ikonik Seiko Prospex Sea mempunyai julukan khusus yang diberikan oleh fans. Beberapa koleksi ikonik tersebut diantaranya Seiko Prospex Turtle, Seiko Prospex Samurai, Seiko Prospex Monster, Seiko P rospex Tuna, Seiko Prospex Sumo, Seiko Prospex Arnie, Seiko Prospex BFK, Seiko Shogun, Seiko “New 62MAS”, Seiko “New Captain Willard” dan Seiko Baby MM / MM 200.

Seiko Prospex Sea. 
Sumber: Seikowatches.com.

Seiko Prospex Sea Master Series merupakan jenis jam tangan Seiko Prospex untuk kelas middle to high. Prospex Sea Master Series memiliki perbedaan terutama dari segi struktur, pembuatan, material, dan movement. Beberapa model merupakan reissue dari line Seiko yang pertama dikelasnya.

Seiko Prospex Sea Master Series S23627J1.
Sumber: Jamtangan.com.

B. Seiko Prospex Land

Seiko Prospex Land adalah jenis jam tangan Seiko yang ditujukan untuk para petualang atau adventurer dan berhubungan dengan kegiatan outdoor darat / land. Hampir semua modelnya memiliki fitur rotating compass bezel, beberapa memiliki fitur chronograph dan menggunakan movement Solar Quartz atau Automatic. Koleksi Seiko Prospex Land banyak mengadaptasi military style dengan marker angka yang besar dan warna yang mewakili military style seperti Army Green, Khaki, Brown dan Navy. Salah satu yang terkenal dari Seiko Prospex Land ialah Alpinist series.

Seiko Prospex Land.
Sumber: Seikowatches.com.

C. Seiko Prospex Sky

Seiko Prospex Sky adalah jenis jam tangan Seiko Prospex yang memiliki fitur untuk aktivitas aviasi (penerbangan). Seiko Prospex Sky memiliki penggemarnya sendiri, terutama bagi penyuka jam tangan dengan fitur pilot atau penyuka design dial yang memiliki komplikasi. Sebagian besar line up Seiko ini menggunakan solar movement dengan fitur chronograph dan bi-directional slide rule bezel, beberapa menggunakan automatic movement dan ada yang menggunakan solar movement dengan fitur Radio Sync Solar World Time Chronograph.

Seiko Prospex Sky.
Sumber: Seikowatches.com.

D. Seiko Prospex LX Line

Seiko Prospex LX Line adalah jenis jam tangan Seiko Prospex merupakan koleksi terbaru dari Seiko. LX Line mempunyai model Sea, Land dan Sky dengan spesifikasi paling tinggi, dengan material maupun movement sudah hampir setara dengan Grand Seiko. Seiko Prospek LX Line memakai movement Spring Drive 5R65 dan 5R66.

Seiko Prospex LX Line.
Sumber: Seikowatches.com.

E. Seiko Prospex Speedtimer

Seiko Prospex Speedtimer

Seiko Prospex Speedtimer adalah series jam tangan Seiko Prospex yang pada sejarahnya dahulu Speedtimer 6139 merupakan jam tangan automatic chronograph pertama di dunia dengan column wheel dan vertical clutch. Dua komponen tersebut (column wheel dan vertical clutch) menghadirkan efisiensi dalam kinerja movement mechanical chronograph dan masih menjadi acuan dalam pembuatan jam tangan menchanical chronograph modern. Saat ini terdapat Seiko Prospex Speedtimer  dengan movement automatic chronograph  dan versi solar movement. Kedua versi tersebut mewarisi desain dan gaya ikonik dari seri Speedtimer dari tahun 1960-an hingga 70-an.

Dapat disimpulkan Seiko Prospex memiliki keunggulan tersendiri untuk masing-masing profesional baik di darat, laut maupun udara. Seiko Prospex memiliki tampilan sporty dan maskulin, cocok untuk kamu para pria yang suka bergaya casual namun membutuhkan jam yang handal sesuai dengan profesi kamu. Seiko Prospex memiliki ketahanan untuk dipakai pada aktivitas outdoor.

2. Seiko Presage 

Seiko Presage.
Sumber: Seikowatches.com.

Jenis jam tangan Seiko berikutnya yaitu Seiko Presage. Sudah populer sejak tahun 2010, model Pressage banyak terinspirasi oleh model-model ikonik jam tangan dress Seiko di masa lalu, salah satunya seperti Laurel tahun 1913. Seiko Presage memadukan estetika Jepang dengan keahlian tradisional pembuat jam tangan mekanik Seiko. Seiko Presage menawarkan sebuah karya jam tangan yang menggambarkan keindahan Jepang, detail yang sempurna dan tekstur yang sangat halus. Seiko Presage cocok untuk kamu para profesional yang suka menyukai gaya klasik, berkelas dan mewah.

3. Seiko Astron

Seiko Astron.
Sumber: Seikowatches.com.

Seiko Astron merupakan jenis jam tangan Seiko yang menghadirkan fitur cerdas. Jam tangan ini merupakan jam tangan quartz pertama di dunia yang dapat kalibrasi waktu dengan satelit (melalui sinyal GPS). Di mana pun kamu berada, kamu cukup menyentuh satu tombol maka jam Seiko Astron kamu akan terkalibrasi dengan satelit melalui sinyal GPS. 

Saat ini, Seiko Astron dapat mengubah energi yang dihasilkan dari sinar matahari sebagai pengganti baterai dan memiliki akurasi yang tepat untuk waktu lokal dan waktu dunia karena menerima sinyal GPS dari satelit. Seiko Astron terbaru mulai di rilis pada tahun 2012 dengan model 7X series, tahun 2014 model 8X series, tahun 2018 model 5X series, dan tahun 2019 model 3X series.

Seiko Astron cocok untuk kamu yang menyukai gaya elegan, sporty, dan mewah. Jam tangan ini memiliki konsep high specification watch dengan style luxury watch yang cocok untuk kamu para profesional dan watch-enthusiast.

Baca juga: Perjalanan Seiko: Sejarah, Dedikasi dan Inovasi

4. Seiko 5 Sports

Seiko 5 Sports.
Sumber: Seikowatches.com.

Seiko 5 Sport adalah jam tangan automatic day-date pertama dari Seiko dan di Jepang. Jam tangan ini diluncurkan pada tahun 1963 dengan model pertama Seiko Sportsmatic 5. Dilanjutkan pada tahun 1968 Seiko meluncurkan koleksi Seiko 5 Sports yang menawarkan fitur tahan air yang disempurnakan, kristal yang kuat dan jarum jam dengan fitur luminous

Angka “5” pada Seiko 5 merepresentasikan lima fitur utama Seiko 5 yaitu;

1. Automatic movement
2. Tahan air (water resistant)
3. Tahan guncangan (shock resistant)
4. Tanggal (date)
5. Hari (Day)

Koleksi terbaru Seiko 5 saat ini terbagi menjadi 9 koleksi yang mewakili 9 gaya berbeda yaitu SKX Sports Style, SKX Suits Style, SKX Specialist Style, SKX Street Style, SKX Sense Style, Field Sports Style, Field Suits Style, Field Specialist Style dan Field Street Style. Tetap mempertahankan keunikkan dengan menghadirkan ciri khas logo angka 5 yang lebih modern, Seiko 5 sport juga hadir dengan gaya arrow hand pada penunjuk jam dan menit, one-way rotating bezel, warna dial yang lebih fresh, dan varian strap yang lebih banyak.

Seiko 5 Sports.
Sumber: Seiko.com.

Seiko 5 Sports memiliki harga terjangkau untuk jam tangan automatic bergaya dive watch dan field watch dengan kualitas tinggi. Dengan desain yang simpel dan ukuran jam yang tidak terlalu besar, cocok di berbagai ukuran pergelangan tangan. Jam tangan ini cocok untuk yang menyukai style casual watch dan watch enthusiasm.

Baca juga: Review Jam Tangan Seiko Prospex “Arnie”: Versi Modernnya “Arnie” Arnold Schwarzenegger

5. King Seiko

King Seiko.
Sumber: Seikowatches.com.

King Seiko adalah jam tangan mekanik yang dirancang dengan desain yang indah dan memiliki akurasi yang tinggi. Hadir bersamaan dengan Grand Seiko di tahun 1960, King Seiko memperkenalkan diri sebagai jam tangan mekanik yang dirancang dengan indah dan memiliki akurasi tinggi. Setelah lebih dari setengah abad, koleksi King Seiko kembali hadir dengan pembaruan, peningkatan dan sama istimewanya seperti sebelumnya.

King Seiko memiliki desain yang konsisten sejak tahun 1965. Saat ini King Seiko hadir dengan case yang dikombinasikan dengan kristal safir cembung. Hadir dengan crown dan caseback yang memuat lambang King Seiko baru dengan desain yang terinspirasi dari KSK 1965. King Seiko cocok untuk kamu yang menyukai tampilan mewah dan istimewa.

Menarik sekali kan jenis jam tangan Seiko saat ini? Untuk kamu pecinta jam tangan Seiko, wajib jadikan pilihan series di atas untuk kamu koleksi. Tertarik untuk segera mengoleksinya? Cek selengkapnya di Jamtangan.com!

Referensi:

Product knowledge Jamtangan.com

https://www.seikowatches.com/id-id/products

Baca Selengkapnya