Water Resistant (Tahan Air)

tanda yang umum tertera pada bagian belakang jam tangan untuk menunjukkan seberapa baik jam tangan tersebut mampu menahan masuknya air.

Water Resistant atau tahan air (anti air) adalah tanda yang umum tertera pada bagian belakang jam tangan untuk menunjukkan seberapa baik jam tangan tersebut mampu menahan masuknya air. Tulisan water resistant biasanya disertai dengan indikasi uji tekanan statik yang dilakukan pada jam tangan tersebut.

Apa arti ATM/BAR/Meter(m) yang tercantum di dalam catatan jam tangan water resistant?

ATM merupakan kepanjangan dari Atmosphere Pressure, yang memiliki tingkat tekanan udara yang dapat diterima oleh jam tangan tersebut. Semakin tinggi angka nya, jam tangan tersebut akan semakin tahan terhadap tekanan udara yang ditimbulkan karena air.

Klasifikasi ketahanan air jam tangan ditentukan oleh masing-masing produsen jam karena tidak ada badan verifikasi resmi yang menyatakan standar water resistant tiap arloji yang di produksi. Namun, secara garis besar klasifikasinya dibagi seperti dibawah :

  • Water Resistant 3 Bar/3 ATM/30 M atau hanya tertulis Water Resistant saja
    Tahan air untuk kegiatan sehari-hari, hujan, percikan air. Tidak cocok digunakan pada saat berenang atau terkena air bertekanan, misalnya terkena semprotan air dari selang.
  • Water Resistant 5 Bar/5 ATM/50 M
    Tidak disarankan untuk digunakan saat berenang, namun masih aman jika jam tangan terkena cipratan/aliran air seperti air hujan dan air keran.
  • Water Resistant 10 Bar/10 ATM/100 M
    Dapat digunakan untuk berenang, snorkeling dan pada kegiatan olahraga air yang bersifat rekreasi. Kurang cocok digunakan pada kondisi terpapar air bertekanan ekstra tinggi, misalnya pada olahraga jet ski professional.
  • Water Resistant 20 Bar/20 ATM/200 M
    Dapat digunakan pada segala macam aktifitas kelautan profesional dan skin diving (menyelam cukup dalam namun tidak menggunakan tabung).

Khusus jam tangan diver’s watch atau dive watch klasifikasinya
sebagai berikut :

  • Diver’s 100M/15M
    Dapat digunakan untuk Scuba Diving (menyelam dengan tabung). Jam yang bertuliskan Diver’s 100 m atau 150 m biasanya adalah arloji yang keluaran lama.
  • Diver’s 200M/300M
    Dapat digunakan untuk Scuba Diving, memiliki proteksi yang lebih baik dibanding diver’s watch 150 m. Tidak cocok digunakan untuk Saturation Diving.
  • Diver’s lebih dari 300M
    Dapat digunakan untuk Saturation Diving (penyelaman dalam yang menggunakan tabung dengan campuran gas helium).