Site icon Blog Jamtangan.com

Review 2 Jam Tangan Seiko Prospex Nathan Tjoe-A-On: Baby Marinemaster GMT & Alpinist

Seiko Prospex SPB381J1 yang Dijuluki Baby Marinemaster GMT”

Ada dua hal yang membuat Seiko Prospex SPB381J1 diberi julukan “Baby Marinemaster GMT”. Pertama adalah bentuk case-nya yang mirip dengan Seiko SBDX001 Marinemaster 300M namun dengan dimensi yang lebih kecil dan ketahanan air yang lebih rendah, kedua, adalah karena ditambahkannya komplikasi GMT. Simak ulasan di bawah ini untuk mengenal Seiko Prospex SPB381J1 pilihan Nathan Tjoe-A-On.

Case Seiko Prospex SPB381J1

Seiko Prospex SPB381J1 di pergelangan tangan

Seiko Baby Marinemaster GMT yang berada dalam lini Prospex Sea ini dirancang dengan stainless steel case dan memiliki diameter 42,0 mm, lug to lug 48,6 mm, dan ketebalan 12,9 mm. Biasanya, case harus dibuat besar dan tebal untuk mendukung movement GMT yang biasanya cenderung lebih tebal. Namun pada jam tangan ini, case dirancang dengan dimensi yang masih relatif standar tanpa mengorbankan movement atau ketahanan air 200 meter. Menurut kami ini adalah desain yang jenius dari Seiko. Desain 3-links bracelet pada jam tangan ini juga mendukung kenyamanan dengan konstruksi yang solid serta 3-folds clasp yang dilengkapi kait pengaman dan diving extension. Kombinasi antara dimensi dan bracelet memberikan pengalaman pemakaian yang nyaman.

Kombinasi yang rapi antara brushed finish pada sebagian besar jam tangan serta polished pada bevel membuat jam tangan ini kental dengan kesan premium dive watch. Pada posisi pukul 4 terdapat screw down crown tanpa guard yang cukup besar sehingga mudah diputar. Kami mengharapkan Seiko memberikan logo “S” yang biasanya hadir pada jam tangan Seiko high end, terutama dengan harga yang ditawarkan. Namun begitu, kami sangat menghargai adanya lug hole untuk mempermudah pergantian bracelet atau strap. Kami juga sangat suka dengan 120 clicks unidirectional bezel yang ditemani ceramic bezel insert berwarna hijau dengan marker berskala 60 menit untuk mendukung kegiatan menyelam. Hadirnya diver bezel ini memantapkan fungsi jam tangan ini, yaitu jam tangan diver dengan fitur tambahan GMT, bukan sebaiknya. Material ceramic pada insert juga merupakan hal yang cukup menarik, mengingat ceramic merupakan material premium.

Crown Seiko Prospex SPB381J1

Dial Seiko Prospex SPB381J1

Dial Seiko Prospex SPB381J1

Seiko Prospex SPB381J1 menggunakan metallic green dial dan dibuat dengan sunburst finish yang terlihat menawan. Date window tanpa frame terletak di posisi pukul 4:30 sehingga tidak memotong hour marker. Di dalam date window terdapat date wheel dengan teks putih dan latar hitam sehingga terlihat menyatu dengan dial. Kami sangat suka dengan desain tersebut karena Seiko tetap bisa memberikan komplikasi tanggal tanpa mengganggu estetika dial sehingga menimbulkan kesan simetris pada dial

Hands Seiko Prospex SPB381J1

Marker dan hands jam tangan ini memiliki gaya baton dan dot khas Seiko Marinemaster berwarna silver dengan tambahan jarum GMT berdesain arrow berwarna emas. Perbedaan warna antara jarum GMT dengan jarum lain memudahkan kamu dalam melihat zona waktu. Jarum GMT menunjuk ke GMT ring di bawah rehaut yang menampilkan angka dengan skala 24 jam. Ring tersebut memiliki warna latar hijau untuk menandakan waktu malam dan abu-abu untuk waktu siang. Hands, marker, dan lume pip pada bezel diisi dengan LumiBrite untuk membantu melihat jam tangan saat gelap. 

Lume Seiko Prospex SPB381J1

Movement Mendukung Komplikasi GMT dan Power Reserve 3 Hari

Movement Seiko caliber 6R54

Seiko Prospex SPB381J1 dibekali dengan in house automatic movement caliber 6R54. Seiko mengumumkan movement ini pada bulan Maret 2023 dan dikembangkan berdasarkan framework caliber 6R35. Movement ini mendukung komplikasi hacking, manual winding, date, dan GMT. Seiko menyebutnya sebagai caliber seri 6R yang memiliki performa tinggi karena memiliki power reserve 72 jam atau 3 hari. Movement ini memiliki akurasi -15 hingga +25 detik per hari, berdetak sebanyak 21.600 bph, dan memiliki ketahanan magnet 4.800 A/m (60 gauss).

Caliber 6R54 yang mendukung komplikasi caller/office GMT. Berbeda dengan komplikasi flyer/true GMT yang bisa independent quickset pada jarum jam utamanya, caller/office GMT biasanya digunakan oleh orang yang ingin mengetahui beberapa time zone yang berbeda dari posisi saat itu. Oleh karena itu, movement ini memiliki quickset jarum GMT secara jumping hour.

Sekilas Seiko Prospex Alpinist SPB121J1 Alpinist

Selain Seiko Prospex SPB381J1 “Baby Marinemaster GMT”, Nathan juga memilih Seiko Prospex Alpinist SPB121J1. Nama Alpinist memiliki sejarah yang panjang. Jam tangan ini dirilis oleh Seiko, pada tahun 1959 sebagai jam tangan untuk pendaki Jepang. Pada saat itu, jam tangan ini masih disebut Laurel Alpinist namun mengalami beberapa perubahan desain pada generasi-generasi yang lebih baru. Simak ulasan di bawah ini untuk mengenal Seiko Prospex Alpinist SPB121J1 pilihan Nathan Tjoe-A-On.

Seiko Prospex Alpinist SPB121J1 Tahan Air 200 m dan Memiliki Internal Compass Rotating Bezel

Seiko Prospex SPB121J1 di pergelangan 7,5 inchi

Seiko Prospex Alpinist  SPB121J1 dirancang dengan stainless steel case dan memiliki diameter 39,5 mm, lug to lug 46,4 mm, dan ketebalan 13,2 mm. Menurut kami, dimensi jam tangan ini sangat nyaman dipakai pergelangan kecil sampai besar. Untuk mengamankan jam tangan ke pergelangan, Seiko yang berada dalam lini Prospex Land dilengkapi dengan calfskin leather strap. Material ini terbuat dari kulit anak sapi bertekstur kulit buaya yang menawarkan tekstur halus namun kuat. Strap dipasangkan dengan stainless steel clasp.

Seiko Prospex SPB121J1 memiliki dua crown

Berbeda dengan pilihan Nathan sebelumnya, Seiko Prospex SPB121J1 sebagian besar memiliki polished  finish dan diselingi dengan brushed finish pada bevel sehingga terkesan lebih elegan. Case jam tangan ini mendukung fitur internal rotating bezel yang menampilkan skala kompas dan dapat diputar melalui rotating crown kedua pada posisi pukul 4. Hebatnya, case ini tetap mendukung ketahanan air 200 meter dengan crown utama memiliki mekanisme screw down crown

Calfskin leather strap pada Seiko Prospex SPB121J1

Dial Hijau khas Seiko Alpinist

Dial Seiko Prospex SPB121J1

Meskipun Seiko Alpinist memiliki sejarah yang panjang dengan model yang berbeda-beda, salah satu model Alpinist yang paling terkenal di kalangan watch enthusiast adalah Seiko SARB017 yang memiliki dial hijau sunburst dan marker emas. Desain yang sama juga digunakan pada seiko Prospex SPB121J1 namun dengan dial hijau matte yang mengkilap. Marker jam menggabungkan gaya arrow dan arabic numeral, sedangkan hands bergaya katedral. Chapter ring juga berfungsi sebagai internal rotating bezel yang mendukung fitur kompas. Marker pada pukul 3 diganti dengan date window yang dimagnifikasi oleh cyclop pada sapphire crystal. Hands dan indeks jam pada minute marker juga sudah dibekali dengan LumiBrite yang dapat menyala dalam gelap. 

Movement Caliber 6R35 dengan Power Reserve 70

Movement Seiko caliber 6R35

Seiko Prospex SPB121J1 dibekali dengan in house automatic movement caliber 6R35. Movement ini mendukung komplikasi date dengan kapasitas hack dan manual winding. Movement ini juga  memiliki power reserve 70 jam, akurasi -15 hingga +25 detik per hari, berdetak sebanyak 21.600 bph, serta memiliki ketahanan magnet 4.800 A/m (60 gauss).

Apakah Nathan Tjoe-A-On Memilih The Perfect Two Watch Collection dari Seiko?

 

Nathan Tjoe-A-On memakai Seiko SPB121J1

 

Kedua jam tangan yang dipilih Nathan Tjoe-A-On menurut kami dapat dipakai dalam kondisi apapun. Seiko Prospex SPB381J1 Baby Marinemaster GMT yang dibanderol dengan harga Rp18,7 jutaan. Sedangkan Seiko Prospex SPB121J1 Alpinist yang dibanderol dengan harga Rp9,3 jutaan. Lebih dari itu, kedua jam tangan ini sangat cocok untuk dipakai sebagai jam tangan harian baik dalam situasi outdoor maupun formal. 

Nathan Tjoe-A-On memakai Seiko SPB381J1

Terlepas dari kedua jam tangan yang dipilih tersebut, kedua pilihan ini sangat mencerminkan Nathan Tjoe-A-On sebagai seorang atlet yang selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik di setiap pertandingan dan suka tantangan. Motivasi tersebut sesuai dengan nilai dengan Seiko, khususnya melalui lini Prospex yang terkenal akan ketangguhannya dan slogan KEEP GOING FORWARD. Menurut kami, Nathan memilih jam tangan yang tidak hanya sesuai dengan kepribadiannya, tetapi juga digemari oleh watch enthusiast. Cek koleksi Prospex dari Seiko di JAMTANGAN.COM.

Baca Selengkapnya →