Site icon Blog Jamtangan.com

Citizen Series8 GMT Batman, Bikin Batman Beneran Ketar-Ketir

Citizen Series8 880 NB6031-56E

Multi-Piece Case dengan Integrated Bracelet dan Bezel Insert Batman

Dimensi 

Citizen Series8 880 NB6031-56E di pergelangan 7,5 inci

Citizen Series8 880 NB6031-56E dirancang dengan stainless steel case berdiameter 41 mm, ketebalan 13,8 mm, dan lug to lug 47,8 mm. Dimensi tersebut terasa sangat pas di pergelangan 7,5 inci. Namun begitu kami sangat yakin bahwa jam tangan ini masih akan terasa nyaman di pergelangan 6,5 inci sampai 8,5 inci. Dimensi tersebut tidak jauh berbeda dengan Rolex GMT Master-II Batman dengan diameter 40 mm dan ketebalan 12 mm. 

Rolex GMT Master II dan Citizen Series8 880 NB6031-56E

Konstruksi Multi-Piece

Salah satu hal yang membuat Citizen Series8 spesial adalah konstruksi multi-piece case. Konstruksi tersebut adalah metode pembuatan case yang terdiri dari berbagai bagian. Konstruksi ini digunakan agar transisi antara finishing dapat dibuat lebih tegas. Multi-piece case pada Citizen Series8 880 dieksekusikan dengan baik karena kami bahkan tidak menyadari bahwa case jam tangan ini terbuat dari beberapa bagian. Titik hubung antara bagian-bagian case disembunyikan di bevel. Citizen Series8 880 NB6031-56E memiliki ketahanan air 100 meter sehingga cocok dipakai untuk harian.

Integrated Bracelet

Integrated bracelet pada Citizen Series8 880 NB6031-56E

Integrated bracelet jam tangan ini memiliki desain H-link dengan center link yang diberi bevel. Menurut kami, karena desain links bracelet memiliki permukaan rata, bracelet Citizen Series8 NB6031-56E terlihat menawan ketika memantulkan cahaya dari berbagai sudut. Bracelet dilengkapi dengan fold over clasp with double push button yang dibuat dengan solid. Sayangnya, clasp jam tangan ini tidak memiliki micro adjustment, sehingga satu-satunya cara untuk menambah atau mengurangi panjang bracelet adalah dengan melalui mengurangi links-nya. 

Bezel Insert Batman

Bezel berwarna biru hitam pada Citizen Series8 880 NB6031-56E

Tidak hanya dimensinya yang terasa familiar, bezel insert jam tangan ini juga memiliki kombinasi warna “Batman” yang pasti sudah familiar di kalangan watch enthusiast. Julukan ini awalnya merupakan julukan Rolex GMT Master II dengan bezel insert berwarna hitam dan putih. Bezel insert ini memiliki warna hitam untuk menandakan waktu malam dan biru untuk waktu siang. Pada Citizen Series8 NB6031-56E, bezel memiliki 72 klik dan bisa diputar 2 arah. Bezel pada jam tangan ini memiliki desain gerigi yang besar dan tegas sehingga mudah diputar.

Finishing

Citizen Series8 880 NB6031-56E dilihat dari samping

Citizen Series8 NB6031-56E didominasi oleh brushed finish pada seluruh sisi case dan bracelet serta diselingi dengan polished finish pada bevel. Finishing ini memberikan kesan sport watch yang kental. Pilihan finishing tersebut menurut kami adalah pilihan yang tepat karena goresan lebih sulit terlihat di permukaan dengan brushed finish. Kesan sport watch juga tercerminkan pada cutting yang tegas pada case dan bracelet

 

Dial Bertekstur Terinspirasi dari Pusat Kota Jepang

Dial Citizen Series8 880 NB6031-56E

Citizen Series8 880 NB6031-56E memiliki dial hitam dengan motif dan tekstur yang menyerupai carbon fiber jika dilihat dari jauh. Padahal, Citizen mengambil inspirasi dari kota-kota di Jepang jika dilihat dari atas saat malam hari. Tekstur berpola tersebut juga melambangkan kemakmuran dalam budaya Jepang. 

Pola tekstur pada dial Citizen Series8 880 NB6031-56E

Di sisi luar dial terdapat minute marker serta lume di belakang marker jam. Marker jam yang bergaya baton diberi brushed finish yang memantulkan cahaya sehingga membuat marker lebih kontras dengan dial. Marker jam 3 diganti dengan date window yang diberi frame. Kami sangat suka dengan date window yang diberi teks putih dan warna latar hitam. Ini membuat fitur date sedikit lebih tersembunyi sehingga tidak mengganggu komposisi dial. Jarum jam dan menit bergaya baton serta jarum GMT bergaya arrow juga diisi lume. Teks pada dial tertulis Citizen, Series8, dan automatic movement dengan komplikasi GMT

High Beat Automatic Movement Caliber 9054 Mendukung Fitur True GMT

Movement Caliber 9054 pada Citizen Series8 880 NB6031-56E

Termasuk ke dalam flagship series dari Citizen, jam tangan ini dibekali dengan in-house automatic movement caliber 9054. Movement baru dari Citizen ini berdetak sebanyak 28.800 beat per jam, frekuensi yang lebih tinggi daripada jam tangan pada umumnya, atau sering disebut dengan hi-beat movement. Jumlah detakan jarum detik yang lebih banyak tersebut berarti jarum detik berdetak lebih banyak daripada jam tangan dengan detakan 21,600 beat per jam, sehingga gerakan jarum detik terlihat lebih halus.

Selain mendukung hacking, hand winding, dan komplikasi date, caliber 9054 dari Citizen juga mendukung komplikasi flyer/true/travel GMT. Komplikasi ini biasanya digunakan oleh orang yang sering bepergian ke zona waktu yang berbeda, sehingga harus mengganti waktu pada jam tangan dengan cepat. Oleh karena itu, jarum jam pada jam tangan ini, dapat di-setting secara jump hour secara praktis.  Movement ini juga memiliki akurasi yang baik, yaitu antara +20 / -10 detik per hari. Caliber 9054 yang baru dikembangkan untuk jam tangan ini memiliki power reserve selama 50 jam.

Citizen Series8 880 NB6031-56E Menjadi Alternatif dari Rolex GMT Master-II Batman

Citizen Series8 880 NB6031-56E dan Rolex GMT Master II

Meskipun berada di kelas yang berbeda, kedua jam tersebut memiliki dimensi, komplikasi, dan warna bezel insert yang mirip satu sama lain. Menurut kami, Citizen Series8 880 NB6031-56E tetap menawarkan desain yang orisinil dengan inovasi-inovasi yang patut diacungi jempol. Dengan konstruksi multi-piece case yang didominasi brushed finish, menurut kami, jam tangan ini memberikan kesan sport watch yang lebih kental daripada Rolex GMT Master.

Dibanderol dengan harga Rp26 jutaan, kami yakin bahwa jam tangan ini adalah jam tangan yang sempurna jika kamu belum siap membeli Rolex GMT Master II Batman. Dengan desain yang rugged serta dilengkapi dengan komplikasi flyer/true/travel GMT, jam tangan ini cocok untuk kamu yang memiliki gaya hidup aktif atau sering mengunjungi berbagai negara. Cek koleksi lain Series8 dari Citizen di JAMTANGAN.COM.

Baca Selengkapnya →