Seiko SBDC027 Prospex 50 Anniversary

Seiko SBDC027 Prospex 50 anniversary, merupakan jam tangan diver dari lini Prospex dengan ketahanan air sampai 200 meter. Jam ini dibuat untuk memperingati 50 tahun Seiko Diver dibuat dan hanya dibuat 2000 pieces saja. Seiko SBDC027 sejatinya merupakan Seiko Sumo (SBDC001/003/005) yang di upgrade dan facelift dengan tampilan dial, hands dan marker baru. Seiko Sumo sendiri merupakan salah satu best buy diver watch dibawah harga 10 juta. New Seiko Sumo ini mempunyai perbedaan dengan pendahulunya, serta penambahan beberapa spesifikasi yang tidak ada pada pendahulunya.

Gambar 1. Seiko SBDC027 mempunyai marker yang terinspirasi dari first Seiko Diver 6217.

Siapa tak kenal Seiko Sumo, bagi para pecinta Seiko diver, Seiko Sumo merupakan salah satu hot item yang layak dikoleksi. Selain finishingnya yang sangat baik dikelasnya, Seiko Sumo juga merupakan jam tangan diver dengan standar ISO 6425, sehingga aman untuk dipakai scuba diving. Seiko Sumo juga mempunyai lume yang terang serta lekukan body yang cukup indah. Walau mempunyai dimensi yang besar, Seiko Sumo juga sangat nyaman dipakai. Desain classic diver dengan posisi crown pada pukul 4, membuat Sumo cukup nyaman digunakan pada wrist.

Seiko SBDC027 mempunyai dimensi yang sama dengan Seiko Sumo sebelumnya. Namun perbedaan mencolok ialah pada bagian dial, hands, marker, bezel serta kristal. Pada bagian dial, SBDC027 menggunakan marker yang mirip dengan first Seiko Diver 6217-8001 (62MAS). Dengan marker berbentuk batang persegi panjang. Pada bagian hour dan minute hands juga menggunakan desain yang mirip dengan 6217. Desain ini mengingatkan para pecinta diver akan sejarah panjang Seiko Diver di dunia Horology. Selain itu penggunaan kristal safir anti gores dengan anti reflection coating juga merupakan sebuah perbedaan cukp menyolok dari Seiko Sumo sebelumnya yang hanya memakai kristal hardlex.

Gambar 2. Dengan marker bezel yang lebih ramping, terlihat lebih proporsional dibandingkan pendahulunya.

Pada bagian bezel Seiko menggunakan material tungsten serta menggunakan marker yang lebih ramping dari Sumo sebelumnya. Keistimewaan lain dari SBDC027 ialah pada lapisan diashield pada sekujur cashing dan braceletnya. Lapisan ini membuat chasing dan bracelet lebih tahan terhadap goresan, sehingga tidak gampang meninggalkan bekas scratch. Secara keseluruhan jam ini merupakan Seiko Sumo yang disempurnakan, namun tetap dengan movement 6r15 yang sudah terkenal kehandalannya. Kesan modern jika kita melihat desain bodinya, namun kita akan menemukan old school style pada dial, marker dan handsnya. Logo “X” Prospex juga menambah kesan gagah pada jam tangan ini.

Baca Selengkapnya