Site icon Blog Jamtangan.com

Lebih Kecil & Clean dari Neo70’s, Review Orient Contemporary Solar Chrono Panda

Orient Contemporary RA-TX0305S

Dimensi Lebih Kecil

Perbandingan dimensi Orient Contemporary RA-TX0305S dan Orient Neo70’s WV0041TX

Stainless steel case Orient Contemporary RA-TX0305S dirancang dengan diameter 40 mm, lug to lug 48,2 mm, ketebalan 11,1 mm, dan lebar lug 20 mm. Di sisi lain, Orient Neo70’s WV0041TX Panda yang memiliki diameter 42 mm, lug to lug 48 mm, ketebalan 12 mm, dan lebar lug 22 mm. Meskipun lebih kecil 2 mm pada diameter, lebih tips 0,9 mm pada ketebalan, dan lebih panjang 0,2 mm pada lug to lug, jam tangan ini terasa sedikit lebih ramping pada pergelangan 7 inchi daripada Orient Neo70’s. Orient membuktikan kemahirannya dalam memberikan finishing yang rapi melalui desain twisted lug dengan finishing berbeda pada bevel. Pada sisi samping case hingga lug, kamu bisa melihat transisi perbedaan finishing antara surface dan bevel yang dieksekusi dengan baik. Jam tangan ini memiliki brushed finish pada sisi atas dan samping case serta polished pada bevel. Pada sisi kanan case kamu akan menemukan signed crown dan dua buah pusher untuk fitur chronograph.

Orient Contemporary RA-TX0305S di pergelangan 7.5 inchi

Jam tangan ini datang dengan two-tone solid 5-links bracelet dengan end-link yang tidak solid. Bracelet jam tangan ini dilengkapi dengan 3-fold clasp dengan double push button. Finishing pada bracelet kami nilai serasi dengan case, di mana terdapat brushed dan polished finish yang bergantian pada masing-masing link. Kombinasi antara dimensi yang proporsional dan bracelet yang nyaman berkolaborasi untuk memberikan kenyamanan di tangan. Konstruksi screw down caseback mendukung ketahanan air 50 meter.

Finishing pada case Orient Contemporary RA-TX0305S

Panda Dial yang Clean

Dial Orient Contemporary RA-TX0305S

Dial pada Orient RA-TX0305S mengusung desain yang dikenal sebagai “Panda Dial”, yang mengkombinasikan dial utama berwarna putih dengan tiga sub dial hitam. Kontras warna ini menciptakan tampilan yang mencolok dan sporty. Dial putih memiliki sunburst finish tanpa banyak ornamen sehingga menambah kesan clean. Sub dial terletak di posisi pukul 3, 6, dan 9, menampilkan jam dengan skala 24 jam, 60 menit chronograph, dan detik waktu utama/running second. Sub dial pada jam tangan ini berfungsi sebagai solar cell untuk pengisian daya movement, sehingga warnanya tidak sepenuhnya hitam, tetapi memiliki hue ungu jika dilihat dari sudut tertentu. Pada dial terdapat dua buah lingkaran silver di dekat rehaut yang diberikan polished finish. Aksen lingkaran tersebut membuat dial lebih terlihat dinamis dengan memantulkan cahaya dengan elegan di kondisi pencahayaan tertentu.

Finishing pada marker Orient Contemporary RA-TX0305S

Jam tangan ini juga dilengkapi oleh date window tanpa frame di posisi 4:30 membuat dial terlihat lebih simetris. Kesan simetris dan clean itu didukung date wheel menggunakan warna latar putih dengan teks hitam sehingga menyatu dengan warna dial. Jam tangan ini memiliki hands berdesain baton dan marker berbentuk trapesium. Jika kamu melihat dari dekat, marker pada jam tangan ini memiliki tekstur garis vertikal yang dapat membantu legibilitas karena dapat memantulkan cahaya dengan kontras. Untuk membantu melihat dalam gelap, jarum jam dan menit serta dot hour marker pada trek menit diisi dengan lume berwarna hijau. Dial pada jam tangan ini dilindungi dengan flat sapphire crystal anti gores. Hal ini merupakan sebuah nilai lebih dibandingkan Orient Neo 70’s Solar Chronograph yang masih menggunakan kaca mineral.

In-House Solar Chronograph Movement

Solar cell pada sub dial Orient Contemporary RA-TX0305S

Orient RA-TX0305S menggunakan solar quartz movement, tepatnya in-house caliber VS752. Movement tersebut memungkinkan jam tangan mengisi daya melalui cahaya, baik dari sinar matahari maupun sumber cahaya buatan, sehingga tidak memerlukan penggantian baterai secara rutin. Dengan baterai terisi penuh, ketika disimpan pada tempat tanpa cahaya, jam tangan ini dapat beroperasi selama sekitar 6 bulan. Solar cell pada jam tangan ini terletak di setiap sub dial. Jam tangan ini memiliki fitur indikator daya rendah melalui jarum detik waktu utama yang berdetak per dua detik.

Movement quartz memiliki keunggulan akurasi tinggi dibandingkan mechanical movement, dengan akurasi ±20 detik per bulan. Movement ini mendukung pergerakan jarum sentral chronograph yang bergerak sweep dan fungsi chronograph yang mampu mengukur waktu hingga 60 menit. Selain itu, terdapat fitur tanggal yang menambah nilai praktis pada jam tangan ini untuk pilihan harian. Fitur chronograph pada jam tangan ini bisa mengukur lebih dari satu durasi aktivitas secara bersamaan melalui fitur split time. Selain memerlukan pemeliharaan yang rendah, movement solar quartz juga terkenal ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah elektronik setiap kali baterai jam habis.

Final Thought

Logo Orient pada Orient Contemporary RA-TX0305S

Jika kamu tertarik dengan desain panda Orient Neo70’s namun belum merasa cocok dengan dimensinya, Orient Contemporary RA-TX0305S bisa menjadi pilihan kamu. Tambahan kaca safir, diameter yang lebih kecil dan case lebih tipis, membuat jam tangan ini lebih bersahabat untuk pergelangan kecil. Jam tangan ini menambah koleksi panda dial dari Orient tanpa desain yang repetitif. Meskipun jam tangan ini terlihat mirip dengan orient Neo70’s, kedua jam tangan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Orient Contemporary RA-TX0305S memiliki desain yang lebih elegan dengan kombinasi warna Panda dan sector dial serta twisted lug case yang lebih modern dan sporty. Di sisi lain Orient Neo70’s cocok untuk anda yang suka desain lebih classic sporty dengan ketahanan air 100 meter serta diameter yang lebih besar.

Jika warna Panda bukan gaya kamu, Cek di sini untuk melihat pilihan warna lain yang tidak kalah menarik. Tidak hanya dalam segi desain, Orient Contemporary RA-TX0305S ini dibandrol dengan harga Rp4,1 jutaan saja di Jamtangan.com. Harga yang menarik bagi kamu yang sedang mengincar jam tangan chronograph sporty elegan dengan Panda dial. Kelebihan-kelebihan tersebut membuat jam tangan ini termasuk best bang for bucks untuk harga di bawah Rp5 juta. Kamu bisa cek koleksi Orient lainnya di Jamtangan.com.

Baca Selengkapnya →