Site icon Blog Jamtangan.com

Kolaborasi TAG Heuer Carrera Chronograph Tourbillon x Porsche Panamericana

TAG Heuer Carrera Chronograph Tourbillon x Porsche Panamericana
TAG Heuer Carrera Chronograph Tourbillon x Porsche Panamericana

Menariknya, skeleton dial pada jam tangan ini dirancang dengan tampilan seperti roda Porsche 550 Spyder. Penasaran dengan detail dan spesifikasinya? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Kolaborasi TAG Heuer dan Porsche

Porsche 550 Spyder

Kemitraan antara TAG Heuer dan Porsche memiliki sejarah panjang yang berakar dari balapan legendaris Carrera Panamericana. Balapan sejauh 3000 km di Meksiko ini berlangsung dari 1950 hingga 1954, dan menginspirasi Jack Heuer untuk menamai koleksi chronograph-nya sebagai Carrera. Lalu pada balapan Panamericana tahun 1954, Porsche 550 Spyder memenangkan posisi pertama dan kedua di kelas 1500 cc, serta ketiga secara keseluruhan.

Untuk merayakan anniversary ke-70 kemenangan Porsche 550 Spyder tersebut, TAG Heuer kembali berkolaborasi dengan Porsche untuk merilis jam tangan limited edition yang desainnya terinspirasi dari mobil legendaris Porsche 550 Spyder. 

Telisik Desain TAG Heuer Carrera Chronograph Tourbillon x Porsche Panamericana

TAG Heuer Carrera Chronograph Tourbillon x Porsche Panamericana

Jam tangan ini memiliki stainless steel case berdiameter 42 mm dan ketebalan 14,3 mm yang sudah tahan air hingga 100 meter. Kemudian dilengkapi dengan glassbox domed sapphire serta laporan double anti-reflektif untuk memudahkan keterbacaan. Adapun penggunaan kaca cembung ini menjadi ciri khas Carrera “Glassbox”. 

Dial TAG Heuer Carrera Chronograph Tourbillon x Porsche Panamericana

Lalu pada bagian dial terdapat flensa berwarna hitam untuk menunjukkan menit dan detik, dengan tulisan Porsche di antara angka 0 dan 10. Adapun skeleton dial ini mengingatkan pada desain roda Porsche 550 Spyder, terdapat pula efek shimmery dan grained yang menggambarkan cat pada bodi mobil dan tekstur aspal. Warna dial juga dibuat menggunakan skema warna pada Porsche 550 Spyder, yaitu abu-abu, warna hitam pada subdial, dan kuning pada jarum chronograph

Terdapat subdial yang berfungsi sebagai penghitung 30 menit chronograph pada posisi pukul 3 dan penghitung 12 jam pada posisi pukul 9. Selain itu, ada tourbillon di posisi pukul 6 yang terlihat melalui lubang jendela dan bagian atasnya terdapat tulisan ‘Panamericana’ di bagian atasnya. Sementara jarum jam dan menit dibuat berlapis rhodium dengan Super-LumiNova berwarna putih untuk menambah visibilitas di tempat minim cahaya.

Desain Strap

Strap TAG Heuer Carrera Chronograph Tourbillon x Porsche Panamericana

Untuk strap-nya, jam tangan ini menggunakan calfskin leather hitam berdaya rally karena memiliki lubang dengan lapisan berwarna kuning di bagian dalamnya. Lalu dilengkapi dengan folding clasp dan double safety push-buttons. Desain strap ini terinspirasi dari rally strap bersejarah sekaligus menawarkan kesan kontemporer. 

Movement dan Caseback TAG Heuer Carrera Chronograph Tourbillon x Porsche Panamericana

Caseback TAG Heuer Carrera Chronograph Tourbillon x Porsche Panamericana

Jam tangan ini dibekali in-house automatic chronograph movement TH20-09 (base Heuer 02T). Movement ini berdetak sebanyak 28.800vph, punya 33 jewels, dan cadangan daya hingga 65 jam. Kamu dapat melihat movement ini pada bagian caseback transparannya yang dilindungi oleh sapphire crystal, yang menampilkan sebuah rotor dengan bentuk mirip steering wheel mobil Porsche.

Seperti terlihat pada caseback, TAG Heuer Carrera Chronograph Tourbillon x Porsche Panamericana diproduksi secara limited edition, yaitu hanya 255 unit di seluruh dunia. Lalu jam tangan ini dibanderol seharga £31,300 atau sekitar Rp640 jutaan. Kamu bisa temukan berbagai koleksi TAG Heuer lainnya dengan mengunjungi laman atau aplikasi Jamtangan.com!

Baca Selengkapnya →