Site icon Blog Jamtangan.com

Kolaborasi Bersama McLaren, Richard Mille Rilis RM 65-01 Automatic Spilt-Seconds Chronograph McLaren W1

Kolaborasi Bersama McLaren, Richard Mille Rilis RM 65-01 Automatic Spilt-Seconds Chronograph McLaren W1

Jam tangan ini terinspirasi dari supercar McLaren W1 baru menggunakan case yang terbuat dari Carbon TPT dan titanium. Seperti apa detail dan spesifikasi RM 65-01 Automatic Split-Seconds Chronograph McLaren W1? Simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Jam Tangan Kolaborasi Richard Mille RM 65-01 Automatic Split-Seconds Chronograph McLaren W1

Richard Mille RM 65-01 Automatic Split-Seconds Chronograph McLaren W1

Sebagai penerus versi modern dari dua supercar McLaren (McLaren F1 dari tahun 1992 dan P1 dari tahun 2013), maka versi W1 dianggap sebagai road-legal car paling canggih yang dihadirkan oleh produsen otomotif asal Inggris tersebut. Mobil ini dilengkapi mesin hybrid V8 yang menghasilkan 1.275 PS atau sekitar 1.258 tenaga kuda dengan berat total 1.399 kg. 

Mobil W1 dirancang dengan desain aerodinamis ground effect yang mampu berakselerasi dari 0 hingga 200 km/jam (124 mph) dalam 5,8 detik dengan kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik sebesar 350 km/jam atau 217 mph. Dengan performa yang luar biasa, Richard Mille RM 65-01 Automatic Split-Seconds Chronograph McLaren W1 pun dirancang dengan mengusung spirit cutting-edge dari supercar tersebut yang estetis dan fungsional.

Spesifikasi Richard Mille RM 65-01 Automatic Split-Seconds Chronograph McLaren W1

Case Richard Mille RM 65-01 Automatic Split-Seconds Chronograph McLaren W1

Richard Mille RM 65-01 masih menawarkan profil case berbentuk tonneau, tetapi dengan siluet yang telah di-update agar menyerupai tampilan atas supercar McLaren W1. Jam tangan ini menggunakan case yang terbuat dari Carbon TPT dan titanium berukuran 43,8 mm, tebalnya 16,2 mm, dan lug-to-lug 49,9 mm. Kristal safir cembung di atas dial yang mengikuti profil lekukan bezel diaplikasikan dengan sempurna. Terdapat juga kaca safir pada backcase yang dipakai untuk memamerkan internal movement yang digunakan.

Komponen case dan kristal yang dipakai

Bezel yang digunakan menampilkan desain dua bagian yang sepenuhnya baru, terdiri dari lower bezel yang terbuat dari titanium grade 5 dan upper bezel terbuat dari Carbon TPT. Koleksi ini menggunakan sekrup titanium untuk menyatukan berbagai komponen case. Pada bagian samping case RM 65-01 terdapat empat pusher dan titanium crown yang diberi rubber memiliki fungsi sebagai selektor khas Richard Mille. Selektor tersebut berfungsi seperti transmisi mini yang memungkinkan pengguna beralih di antara mode winding, date-adjustment, dan time setting hanya dengan menekan crown ke dalam seperti pusher.

Pusher  dan crown pada sisi kanan case (gambar kiri) dan pusher pada sisi kiri case (gambar kanan)

Pusher pada bagian kanan case digunakan untuk mengoperasikan fungsi start/stop chronograph dan reset, sedangkan pusher pada pukul 10 digunakan untuk mengaktifkan mekanisme split-second. Sementara itu, pusher Quartz TPT warna oranye pada pukul 8 digunakan sebagai sistem rapid-winding Richard Mille, yang memungkinkan  untuk winding mainspring (mengisi daya) dengan cepat. Untuk water resistant, jam tangan ini menawarkan ketahanan air hingga 50 meter.

Dial Richard Mille RM 65-01 Automatic Split-Seconds Chronograph McLaren W1

Dial Richard Mille RM 65-01

Richard Mille RM 65-01 menggunakan dial skeleton dengan rangka titanium yang terinspirasi rim pelek McLaren W1. Dial-nya memiliki empat jarum yaitu 2 jarum detik chronograph, jarum jam, dan jarum menit terpusat di tengah dial dengan tiga subdial berskema 3-6-9, di mana subdial pada posisi pukul 9 untuk 12 jam chronograph, pukul 3 untuk 30 menit chronograph, dan pukul 6 untuk detik utama. Koleksi ini juga memiliki date window vertikal yang ditampilkan pada pukul 11 bersama dengan fungsi indikator selektor dengan “H” untuk mode time setting, “D” untuk date setting, dan “W” untuk mode winding atau pengisian daya yang terletak di sudut kanan bawah dial. Terdapat skala tachymeter pada chapter ring dan pada bagian dalamnya terdapat trek menit berwarna biru yang mengelilingi dial. Dial dan hands Richard Mille RM 65-01 diselingi oleh aksen warna biru pucat, kuning, dan shade “papaya orange” warna khas McLaren. 

Movement Richard Mille RM 65-01 Automatic Split-Seconds Chronograph McLaren W1

Strap Richard Mille RM 65-01

Richard Mille RM 65-01 dibekali automatic chronograph movement caliber RMAC4 yang berdetak sebanyak 36.000 bph (hi-beat) 5 Hz dan memiliki power reserve 60 jam. Movement dipasang langsung pada komponen chassis mounting rubber dengan plate dan bridge ditampilkan dengan bentuk lekukan yang sama dengan profil case untuk menciptakan tampilan keseluruhan yang terintegrasi. 

Richard Mille RM 65-01 tidak memberi banyak informasi mengenai strap atau clasp pada koleksi terbarunya. Namun, dari foto jam tangan yang beredar diperlihatkan 2 jenis strap, yaitu rubber strap warna hitam standar dan “papaya oranye” khas warna McLaren dengan titanium deployment clasp. Strap-nya juga menawarkan desain ventilasi mirip dengan strap yang digunakan pada jam tangan Richard Mille yang berbentuk tonneau

Richard Mille RM 65-01 Automatic Split-Seconds Chronograph McLaren W1 adalah jam tangan edisi terbatas yang diproduksi hanya 500 pieces dan dibanderol dengan harga US$388,000 atau sekitar Rp6 miliar. Dapatkan koleksi luxury watches serta jam tangan skeleton dengan tonneau case lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Baca Selengkapnya →