Site icon Blog Jamtangan.com

Hands On Review: Tampil Beda dengan Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Case Dilapisi dengan Diamond-Like Carbon

Lapisan DLC tetap memberikan finishing yang rapi

Tsar Bomba Reactor TB8213A-05 memiliki case yang terbuat dari 316L stainless steel yang terkenal kuat dan anti karat. Case tersebut dilapisi oleh diamond-like carbon coating berwarna hitam atau biasa disingkat DLC. Sesuai namanya, lapisan DLC ini menambah ketahanan goresan dan memberikan finish yang rapi dan mewah. Coating tersebut lebih sulit pudar jika dibandingkan dengan PVD biasa.

Tsar Bomba Reactor TB8213A-05 di pergelangan 7,5 inchi

Untuk dimensi case, Tsar Bomba Reactor TB8213A-05 dirancang dengan diameter 44 mm, lug to lug 52 mm, dan ketebalan 13 mm. Keluhan yang biasanya kami punya mengenai case berukuran besar tidak berlaku untuk jam tangan ini karena desain case-nya yang tidak konvensional. Gabungan antara lekukan case dan curved strap membuat jam tangan ini memeluk pergelangan 7,5 inchi dengan nyaman.

Bezel dan crown Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Seluruh permukaan jam tangan ini diberikan brushed finish kecuali pada bevel yang diberikan polished finish. Di sekujur case dan lug kamu akan menemukan rongga, sudut, dan bevel yang memberikan kesan sporty. Uniknya, crown pada jam tangan ini berada di posisi angka 12. Crown jam tangan ini berwarna emas dan hitam serta diberikan logo Tsar Bomba. Sayangnya, posisi crown yang terletak di posisi pukul 12 dan terletak di tengah-tengah strap membuat kami kesulitan untuk memutarnya. Pada sisi kanan dan kiri case terdapat dua buah tombol berbentuk lingkaran yang berguna untuk membongkar pasang bezel. Removable bezel jam tangan ini terbuat dari bahan yang sama dengan case dan diberikan finish serta coating yang sama dengan case. Solid caseback jam tangan ini dipasang dengan konstruksi screwed on. Jam tangan ini mendukung ketahanan air 100 meter.

Stap FKM rubber pada Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Reactor juga dibekali dengan FKM rubber strap yang didesain khusus untuk jam tangan ini. Material ini menggabungkan kenyamanan dan durabilitas sehingga sering dianggap sebagai material strap premium. Motif lubang ventilasi pada strap menambah kesan sporty dan membantu sirkulasi udara agar pergelangan tidak mudah berkeringat. Selain itu, strap ini memiliki sistem Quick Release yang dipatenkan sehingga mempermudah kamu dalam bongkar pasang jam tangan.

Buckle emas pada Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Dial dengan Cakram yang Berputar

Dial Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Tsar Bomba Reactor TB8213A-05 hadir dengan tampilan dial yang memakai indikator cakram berputar yang unik. Agar mudah dipahami, kami membagi dial menjadi 3 bagian. Berikut adalah penjelasan mengenai cara membacanya.

Penunjuk Detik

Penunjuk detik Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Penunjuk detik terletak di tengah dial. Bagian ini dikelilingi oleh pelat berbentuk huruf “V” dengan lingkaran di tengah. Pada lingkaran tersebut terdapat logo Tsar Bomba berwarna putih yang dikelilingi oleh trek marker detik. Terdapat panah kecil berwarna merah yang berputar mengelilingi logo dan menunjuk ke marker detik. Untuk mengetahui detik, kalian hanya perlu melihat panah merah tersebut.

Penunjuk Menit

Penunjuk menit Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Terletak di atas penunjuk detik, penunjuk menit ditandai dengan cakram berbentuk setengah lingkaran berwarna latar abu-abu dan teks putih. Panah putih kecil di atas cakram detik menunjuk ke indikator cakram menit. Seiring berjalannya waktu, cakram menit akan bergerak searah jarum jam sebanyak satu rotasi setiap 60 detik. Untuk membaca menit, kamu hanya perlu melihat angka pada cakram menit yang ditunjuk oleh panah putih kecil di atas penunjuk detik.

Penunjuk Jam

Penunjuk jam Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Penunjuk jam berada di bawah penunjuk detik. Penunjuk jam ditandai dengan cakram berwarna kuning dengan cakram berbentuk bintang yang memiliki teks hitam bertuliskan 0+, 3+, 6+, dan 9+. Setiap jarum tersebut akan menunjuk ke marker dengan skala yang memiliki selisih 0,5 berwarna kuning di posisi jam 6. Untuk mengetahui jam, kamu perlu melakukan penjumlahan. Contohnya pada foto di atas, jarum yang bertuliskan 9+ menunjuk ke marker berangka 1, dibaca 9+1=10, artinya, jarum menunjukan jam 10.

Susunan dial yang terlihat kompleks dan dinamis tersebut dilindungi oleh curved sapphire crystal yang dilapisi oleh anti reflective coating. Berkat material tersebut, bagi kamu yang gemar beraktivitas fisik, kamu tidak perlu khawatir kaca jam tangan akan tergores. AR coating yang diberikan juga membuat dial jam tangan terlihat jernih tanpa glare. Untuk melihat waktu dalam gelap, Jam tangan ini dilengkapi dengan SuperLuminova berwarna biru pada cakram menit dan marker jam.

Automatic Movement Miyota Caliber 8215

Meskipun memiliki metode time keeping yang tidak konvensional, jam tangan ini dibekali dengan automatic movement Miyota caliber 8215. Movement ini biasa dipakai jam tangan yang memakai tiga jarum dan memiliki date window. Movement ini memiliki power reserve 40 jam dan akurasi -20 hingga +40 detik per hari. Movement ini berdetak sebanyak 21,600 beat per jam atau setara dengan frekuensi 3 Hz. Selain itu movement ini mendukung fitur hacking dan hand winding.

Inovasi Bongkar Pasang Strap, Bezel & Crown dalam 30 Detik

Komponen-komponen modular Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Daya tarik utama pada jam tangan ini adalah sistem Quick Release pada strap, bezel, dan crown yang memudahkan kamu dalam mix and match komponen jam tangan. Strap pada koleksi ini memiliki tombol di belakang yang ketika ditekan, spring bar akan tertarik ke dalam. Sama halnya dengan bezel yang dapat dibongkar pasang dengan menekan dua buah tombol pada sisi kanan dan kiri case secara bersamaan. Crown pada jam tangan ini dapat dibongkar pasang dengan cara menekan lalu memutar crown, seperti pada screw down crown.

Pusher Quick Release yang dipatenkan pada strap Tsar Bomba Reactor TB8213A-05

Perlu diingat bahwa sistem modular ini hanya kompatibel dengan aksesoris-aksesoris yang dibuat khusus oleh Tsar Bomba untuk koleksi Reactor. Adapun pilihan warna lain dari seri ini yang bisa saling tukar adalah TB8213A-03 yang didominasi warna biru dengan bezel silver, TB8213A-02 yang didominasi warna hitam dengan bezel silver, TB8213A-01 yang didominasi warna oranye dengan bezel silver, TB8213A-06 yang didominasi warna hitam dengan bezel carbon fiber, TB8213A-04 yang didominasi warna merah dengan bezel silver, serta TB8213A-07 yang didominasi warna hitam dengan case dan bezel rose gold.

Pilihan warna Tsar Bomba Reactor selain TB8213A-05

Desain Tsar Bomba Reactor yang Inovatif Meraih Dua Penghargaan

Penghargaan MUSE Design Awards dan French Design Awards yang diraih Tsar Bomba

Berkat desain yang inovatif, Tsar Bomba berhasil meraih penghargaan di MUSE Design Awards 2023, yang mengakui inovasi dan estetika jam tangan mereka, terutama dalam seri Reactor. Koleksi ini menonjol karena sistem interchangeable, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan jam tangan dengan mudah. Fitur ini, bersama dengan desain keseluruhan yang modern dan menarik, menciptakan impresi yang kuat di kalangan juri, sehingga Tsar Bomba mendapat pengakuan di kategori desain produk.

Selain itu, Tsar Bomba juga diakui di ajang French Design Awards, yang menyoroti pencapaian desain kreatif di berbagai kategori. Dengan fokus pada inovasi dan pengaruh dalam desain, ajang ini memberikan penghargaan kepada jam tangan Tsar Bomba. Penghargaan ini menunjukkan bahwa suatu brand tidak hanya memperhatikan aspek fungsionalitas tetapi juga estetika. Penghargaan ini menjadikan Tsar Bomba sebagai salah satu brand yang diakui di industri global. Kedua penghargaan ini menunjukkan dedikasi brand ini terhadap keunggulan dan inovasi dalam industri jam tangan​

Kesimpulan

Jika kamu mencari jam tangan dengan desain yang berbeda, unik, bahkan tidak konvensional, jangan sampai koleksi Reactor dari Tsar Bomba ini melewati radarmu. Kami akui, desain yang mencolok, metode time telling yang unik, warna yang vibrant serta ukuran yang besar membuat kami mengusap mata saat pertama kali melihatnya. Namun, semakin dilihat dan didalami, semakin kami menghargai desain yang melanggar aturan-aturan konvensional. Jam tangan ini menimbulkan banyak pertanyaan semakin dalam kami mempelajarinya. Seperti, bagaimana bisa mereka menawarkan jam tangan ini dengan harga di bawah Rp9 jutaan saja? 

Menurut kami, alasan-alasan diatas membuat Tsar Bomba Reactor TB8213A-05 lebih dari sebuah jam tangan, melainkan sebuah conversation starter. Koleksi ini bukan satu-satu yang punya fitur interchangeable lho. Cek koleksi lainnya dari Tsar Bomba di Jamtangan.com.

Baca Selengkapnya →