Site icon Blog Jamtangan.com

Daily Beater Gahar 2 Jutaan : Review Spinnaker Croft Pioneer

Spinnaker Croft Pioneer SP-5136-22 Jade Green

Nama “Croft” Dipakai untuk Menghormati Robert Croft

Bob Croft sebagai model iklan jam tangan Rolex

Robert Croft, atau akrab dipanggil Bob Croft, adalah seorang penyelam bebas asal Amerika yang pada tahun 1967 menjadi orang pertama yang berhasil menyelam bebas lebih dari 200 kaki. Sebagai anggota Angkatan Laut Amerika Serikat, Croft terlibat dalam penyelaman sebagai bagian dari tugasnya dan kemudian mengembangkan teknik “lung packing,” yang memungkinkannya meningkatkan kapasitas paru-parunya untuk mencapai kedalaman yang lebih dalam. Prestasi ini memainkan peran penting dalam pengembangan olahraga penyelaman bebas. 

Seri Croft dari Spinnaker menggunakan nama tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada Robert Croft karena kontribusinya yang luar biasa dalam dunia penyelaman. Lini jam tangan Croft dirancang dengan semangat petualangan dan eksplorasi yang sesuai dengan karakter Croft, menggabungkan fitur-fitur jam penyelam yang tangguh dan tahan air. Seri Croft generasi awal adalah salah satu seri pertama yang dikenalkan oleh Spinnaker sejak berdirinya brand ini pada tahun 2017.

Dimensi Case

Spinnaker Croft Pioneer di pergelangan 7.5 inchi

Stainless steel case Spinnaker Croft Pioneer dirancang dengan diameter 42 mm, lug to lug 51.5 mm, dan ketebalan 12 mm. Meskipun terdengar besar di atas kertas, jam tangan ini memiliki lebar lug 20 mm serta bentuk case yang melengkung sehingga memeluk pergelangan tangan dengan baik. Karena mengusung desain sporty, jam tangan ini sebagian besar diberikan brushed finished pada sisi atas dan samping, kecuali pada bevel dan crown guard. Menurut kami, keputusan ini tepat karena brushed finish membuat goresan-goresan pada permukaan menjadi tidak terlalu terlihat. 

Bracelet pada Spinnaker Croft Pioneer
Clasp solid pada Spinnaker Croft Pioneer SP-5136-22

Jam tangan ini dilengkapi dengan bracelet bergaya Oyster yang mengecil ke 16 mm pada clasp. Adapun clasp pada jam tangan ini bergaya 3-fold ditambah kait pengaman dan double push button. Seluruh permukaan pada bracelet memiliki brushed finish, serasi dengan finishing pada case. Salah satu hal yang mencolok dari jam tangan ini adalah konstruksi bracelet yang solid. Tidak hanya pada link-nya, tetapi juga endlink dan clasp. Konstruksi screw down crown dan screw down caseback mendukung ketahanan air 100 meter. 

Signed crown pada Spinnaker SP-5136-22

Bezel dengan Skala 12 jam

Lume pip pada bezel Spinnaker Croft Pioneer SP-5136-22

Unidirectional Bezel pada Spinnaker Croft Pioneer terbuat dari bahan aluminium dan memiliki angka dengan skala 12 jam. Seluruh bezel dalam koleksi Spinnaker Croft Pioneer berwarna hitam dengan teks dan dot putih. Pada posisi angka 12, bezel dilengkapi lume pip untuk membantu legibilitas dalam gelap. Bezel dengan skala 12 jam dapat dipakai untuk menghitung elapsed hour atau untuk melacak zona waktu kedua. 

Untuk menghitung elapsed hour, cara penggunaannya mirip seperti menggunakan bezel dengan skala 60 menit pada jam tangan diver. Bedanya, bezel disejajarkan dengan jarum jam alih-alih jarum menit. Untuk memakainya sebagai zona waktu kedua, kamu bisa memutar bezel sampai sesuai dengan zona waktu yang kamu mau. Contohnya, waktu Jakarta menunjukan jam 13:00, untuk melacak waktu di Melbourne, kamu bisa memutar bezel sampai jarum jam sejajar dengan jam 16:00 (Melbourne 3 jam lebih cepat dari pada Jakarta).

Dial & Hands 

Dial Jade Green Spinnaker Croft Pioneer SP-5136-22

Spinnaker memberikan nama Jade Green untuk warna dial pada model Croft Pioneer SP-5136-22. Warna hijau yang dipilih cenderung lebih gelap, namun berubah menjadi terang dan cantik di bawah cahaya yang mendukung, seperti batu jade. Dial pada jam tangan juga memiliki efek sunburst yang bermain dengan cahaya. Pada dial terdapat logo Spinnaker di posisi angka 12, teks “AUTOMATIC” berwarna putih dan teks “330FT/100M” berwarna kuning di posisi angka 6.

Teks pada dial Spinnaker SP-5136-22

Meskipun belum bisa disebut sebagai jam tangan diver, jam tangan ini memiliki marker khas diver dengan bentuk lingkaran, kotak dan segitiga. Marker pada posisi angka 3 diganti dengan date window. Date wheel pada jam tangan ini memiliki warna latar hitam dan teks putih. Marker dan date window pada jam tangan ini memiliki stainless steel frame dengan brushed finish. Jarum jam dan menit memiliki desain baton, sedangkan jarum detik berdesain lolipop. Semua marker dan jarum diisi dengan lume untuk membantu legibilitas dalam gelap.

Lume pada Spinnaker Croft Pioneer SP-5136-22

Aspek lain yang membuat jam tangan ini mencolok adalah chapter ring yang berbeda warna dengan bezel. Meskipun ada sedikit perubahan warna chapter ring pada setiap varian warnanya, kontras antara bezel hitam dan chapter ring putih dapat dilihat di seluruh model Spinnaker Croft Pioneer. Pilihan warna yang kontras tersebut memberikan kesan elegan yang jarang kamu temui.

Movement TMI NH35 buatan Seiko

Movement TMI caliber NH35 (buatan Seiko) sudah dikenal oleh watch enthusiast sebagai movement yang akurat dan reliable untuk harganya. Movement ini menjadi pilihan banyak brand jam tangan karena value for money yang ditawarkan. Spinnaker sudah memakai movement ini sejak generasi awal seri Croft pada tahun 2017. Mungkin itu adalah alasan movement pada jam tangan ini tidak dipamerkan dengan display caseback seperti pada model-model terdahulunya.

Caseback Spinnaker Croft Pioneer SP-5136-22

Seiko Caliber NH35 memiliki power reserve 41 jam dan akurasi -20 hingga +40 detik per hari. Selain Fitur utama penunjukan jam, menit, detik, dan tanggal, movement ini mencakup kemampuan hacking dan hand winding. Movement ini dilengkapi dengan 24 jewels untuk meminimalisir gesekan antar komponen. Jika kamu menganggap diri kamu watch enthusiast, kamu pasti sudah sangat familiar dengan movement ini.

Date window pada Spinnaker SP-5136-22

Final Thought

Spinnaker Croft Pioneer di pergelangan 7.5 inchi

Di tengah maraknya kenaikan harga pada brand-brand besar, micro brand Spinnaker menawarkan pilihan jam tangan dengan bang for bucks yang sulit untuk dilewatkan. Tidak setiap hari kamu bisa menemukan jam tangan dengan konstruksi yang solid serta kaca safir di harga under Rp2,1 jutaan. Pilihan bezel 12 jam untuk melacak zona waktu kedua terasa lebih cocok untuk jam tangan dengan ketahanan air 100 meter ini daripada dive bezel. Jam tangan sport ini memiliki desain dan spesifikasi yang cocok ke everyday sport watch. Proposisi harga dan spek jam tangan ini membuatnya pilihan beater watch dengan automatic movement yang tidak boleh kamu lewatkan. Jika hijau bukan warna favoritmu, jangan khawatir. Spinnaker Croft Pioneer memiliki 8 pilihan warna. Cek koleksi Spinnaker Croft Pioneer di Jamtangan.com.

Baca Selengkapnya →