Trik Agar Baterai Jam Quartz Awet

Trik Agar Baterai Jam Quartz Awet

bg_main

Memiliki jam tangan jenis quartz alias bertenaga baterai memang terbilang praktis. Setidaknya, Anda tidak perlu mengatur ulang jam dan tanggal setiap kali jam tidak dikenakan dalam jangka waktu lama, seperti pada jam tangan bertenaga mekanik. Apalagi bila ternyata jam tangan quartz Anda memiliki teknologi perpetual calender, yang dapat mengatur hari dan tanggal secara otomatis dengan cara menyesuaikan apakah bulan tersebut berakhir di tanggal 30 atau 31, bahkan tahun kabisat.

1m (1)

Kepraktisan jam tangan quartz inilah yang membuat banyak orang jatuh cinta. Apalagi, kebanyakan jam tangan quartz memiliki harga yang tidak semahal jam tangan bermesin mekanik analog. Lantaran kepraktisan itu pula, brand-brand jam tangan baik kelas bawah maupun atas, tetap menjaga agar mereka selalu memiliki jam tangan quartz untuk ditawarkan kepada para konsumen.

Tetapi, seperti halnya benda-benda bertenaga baterai, jam tangan quartz bisa  kehabisan baterai. Dan kalau baterai tidak segera diganti ketika sudah habis, setelah beberapa lama baterai akan mengeluarkan zat cair tertentu yang dapat mengakibatkan mesin jam tangan quartz menjadi rusak.

Kalau Anda hanya punya sebuah jam tangan quartz, kondisi tersebut dapat langsung Anda ketahui dan tangani. Namun, yang kerapkali terjadi adalah matinya baterai jam tangan quartz baru lama diketahui karena seseorang memiliki lebih dari satu jam tangan.

Nah, agar baterai jam tangan quartz awet, biasakan untuk mematikan jam tangan ketika Anda akan tidak mengenakannya dalam waktu lama. Caranya, tarik crown sampai jarum detik berhenti. Jangan khawatir ada udara yang masuk lewat crown, karena crown dan stem umumnya memiliki karet sil. Anda cukup menjauhkan jam tangan dari zat cair. Jangan pula menyimpan jam tangan berdampingan dengan kapur barus, karena dapat mengakibatkan karet sil menjadi rusak. (ANP)

 

 

Categories: Info & Tips
Tags: baterai, quartz