Serunya “Gonta-Ganti Sepatu” pada Jam Tangan

Serunya “Gonta-Ganti Sepatu” pada Jam Tangan

Gonta-ganti “sepatu”. Begitu para penggemar jam tangan memberi istilah pada kegiatan mengganti tali atau strap jam. Namun tak dapat disangkal, kegiatan yang kelihatannya sepele ini justru mampu memberi tampilan segar kepada jam tangan Anda. Syaratnya, strap pengganti yang Anda pasang harus berbeda dengan strap yang terpasang sebelumnya. Entah berbeda dari sisi warna, bentuk, ketebalan, material, dan lain sebagainya.   Tali jam sendiri terdiri dari berbagai jenis. Yang sangat lazim adalah yang terbuat dari kulit, entah kulit asli maupun kulit sintetis. Kemudian, ada pula tali jam berupa rantai atau bracelet, dengan berbagai jenis dan bentuk. Selain itu, ada pula tali jam berupa karet atau lazim dikenal sebagai rubber strap. Dan yang belakangan sedang jadi tren adalah tali jam jenis Nato atau zulu strap, yang biasanya berupa “kain” yang terbuat dari material nilon, walau juga tersedia dalam bahan kulit.Sebelum Anda mengganti tali jam, berikut adalah hal-hal yang penting Anda ketahui:

20160627_231714

Cari tahu ukuran lebar dari strap yang akan digunakan. Hindari mengukur lebar tali jam. Alih-alih, ukur lebar lug jam tangan. Jam tangan pria biasanya memiliki lebar lug dengan angka genap, seperti 18mm, 20mm, 22mm, 24mm dan 26mm. Jam tangan wanita umumnya memiliki lebar lug yang lebih sempit. Walau demikian, ada saja jam tangan yang memiliki

20170613_000052_resized[1436]

Alat pengganti tali jam atau watch strap remover atau spring bar remover, yang bisa Anda gunakan sebetulnya cukup beragam, tergantung apakah jam tangan memiliki lug hole atau tidak. Jika punya, maka Anda membutuhkan alat pengganti tali jam standar yang memiliki “jarum” untuk dimasukkan ke dalam lug hole untuk menekan spring bar. Kalau jam tangan tidak memiliki lug hole, baik alat khusus pembuka tali jam maupun pisau lipat kecil multiguna dapat Anda gunakan untuk melepas spring bar dengan cara menggesernya. Harap selalu diingat, kalau Anda memutuskan menggunakan pisau lipat multiguna, harap ekstra berhati-hati. Sebab Anda bisa terluka karena pisau yang tajam.

20170613_000236_resized[1435]_edited

Cara memasang tali jam adalah dengan memasukkan spring bar ke dalam lobang tali jam, lalu masukkan salah satu ujung spring bar ke salah satu lobang pada lug. Geser ujung spring bar yang satu lagi sehingga dekat dengan case jam tangan, lalu dengan menggunakan kuku tarik spring bar ke bawah sehingga bisa diselipkan ke dalam lug. Setelah itu, gerakkan secara perlahan sampai spring bar masuk ke lug hole. Biasanya ditandai dengan bunyi “klik”. Ingat! Posisi buckle harus berada di atas atau posisi jam pukul 12. Sedangkan posisi lobang tali jam berada di bawah atau posisi pukul 6. Sedangkan untuk bracelet atau tali jam berbentuk rantai, posisi tuas pembuka atau clasp menghadap ke posisi pukul 6.

Selamat mencoba! (ANP)

Categories: Info & Tips