Menyelami Seiko PADI Solar

Menyelami Seiko PADI Solar

Di antara sejumlah koleksi jam penyelam PADI (Professional Association for Diving Instructors) yang dikeluarkan oleh Seiko, bisa dikatakan bahwa tipe Seiko PADI Solar SNE435 tak terlampau dikenal oleh publik penggemar jam.

Bisa jadi lantaran bentuk case-nya tidak seikonik Seiko Turtle PADI SRPA21 yang merupakan titisan dari jam penyelam Seiko legendaris tipe 6309-7040 atau 6306-7001. Atau karena penampilannya yang tidak seatraktif Seiko PADI Kinetic GMT SUN065.

SNE435-6Kenyataannya, Seiko PADI Solar memang memiliki penampilan yang nggak “neko-neko”. Case-nya memiliki bentuk yang serupa dengan jam penyelam dari brand Swiss yang sangat ikonik, lengkap dengan crown guard alias pelindung crown. Crown sendiri memiliki lekuk cukup dalam, dengan dilingkari karet merah sebagai penanda memakai movement Solar. Case lalu diberi finishing glossed polish pada sisi kiri dan kanan, serta brushed polish pada bagian atas lug, dan dibekali lug hole untuk mempermudah gonta-ganti strap. Rantai stainless steel dengan finishing kombinasi glossy dan brush polish merupakan paket standar jam ini.
Bicara soal penampilan wajah Seiko PADI Solar , tampak semua hal yang menandakan bahwa jam ini tipe spesial hasil kerjasama Seiko dan PADI. Sebagai awal, adalah warna biru yang menjadi warna kebangsaan utama asosiasi ini. Warna itu meliputi bezel, chapter ring dan dial. Kemudian diimbuhi aksen warn merah – yang juga warna kebangsaan PADI – pada jarum menit dan marker pukul 12, 3, 6 dan 9 pada chapter ring. Tentu tak ketinggalan inkripsi PADI pada posisi pukul 6, di atas inkripsi Solar dan Diver’s 200m yang menandakan jam ini menggunakan movement bertenaga sinar, dan punya kemampuan menyelam sampai 200 meter. Lirik ke posisi pulul 12, maka akan ditemui logo X yang merupakan penanda bahwa jam ini masuk dalam tipe Prospex.
Namun, mengatakan bahwa Seiko PADI Solar berpenampilan sederhana juga kurang tepat. Sebab, kalau mengamati bagian dial dengan saksama, maka tersua permainan penampang 3 Dimensi pada hour marker yang sudah dilapisi oleh lapisan pendar Lumibrite. Hal itu membuat hour marker nampak sedikit mengambang sehingga menambah aksen modern. Cocok bagi mereka yang ingin tampil keren dengan jam penyelam modern, namun tidak semodern Seiko PADI Kinetic, namun tetap menonjolkan kesan klasik, walau tidak seklasik Seiko PADI Turtle. Walau begitu, kesan klasik jam ini memang terbilang kuat. Buktinya, untuk semakin mempermudah membaca tanggal, pada kaca hardlex crystal dilengkapi dengan loupe.
Bicara soal kenyamanan, Seiko PADI Solar ini termasuk jam yang enak dipakai. Bobotnya terasa pas: tidak terlalu berat ataupun terlalu ringan. Ukuranya juga tidak membuat repot, walaupun diameternya mencapai 44mm. Hal itu lantaran jam ini tak seberapa tinggi, sehingga nyaman dikenakan.

Movement yang dipakai jam ini adalah Seiko Caliber V157 termasuk salah satu yang terbaik dari sisi akurasi. Kabar baik lainnya, jam ini juga sangat minim perawatan berkat teknologi Solar dari Seiko yang dapat mengisi energi dengan sumber cahaya apapun – tak hanya matahari, sekalipun namanya Solar. Tiga jam terekspos sinar apapun sudah membuat jam ini terjaga selama 8 hari. Sementara kalau energi terisi penuh, jam ini bisa terjaga sampai 10 bulan. Cocok bagi mereka yang setiap pagi aktivitasnya grab n go. (ANP)

 

 

Categories: Seiko, Watch Brands
Tags: seiko padi, Solar