Memelihara Arloji Mekanikal

Memelihara Arloji Mekanikal

Memelihara arloji mekanikal adalah hal yang cukup sederhana, namun diantara kita terkadang meremehkan hal tersebut. Seringkali kita hanya menaruh arloji didalam kotak arloji atau bahkan cukup menaruhnya didalam lemari. Sebenarnya arloji merupakan sebuah alat atau benda yang harus dijaga kebersihannya, agar bebas karat dan jamur. Seringkali kita mengabaikan hal-hal ini, padahal kinerja mesin mekanikal tergantung dari kebersihan jam itu sendiri. Jika jam kotor, maka kinerja mesin tidak akan maksimal.

Hindari Benturan

Mesin mekanikal merupakan sebuah mesin yang tersusun atas banyak komponen seperti gerigi, rotor, spring, balance wheell dll. Mesin-mesin tersebut saling berkaitan satu sama lain secara mekanik. Sehingga jika ada salah satu komponen yang terlepas, maka kinerja mesin akan menjadi kacau. Oleh karena itu, hindarilah benturan atau impak yang keras. Benturan yang keras dapat membuat komponen mesin mekanikal lepas dan kinerja jam menjadi kacau atau bahkan mati total.

Jaga Kelembaban

Menjaga kelembaban adalah hal yang sangat penting dalam memelihara arloji mekanikal. Jika arloji lemabab, maka jamur dan karat akan cepat muncul pada arloji tersebut. Oleh karena itu, simpanlah didalam kotak penyimpanan khusus yang mempunyai alat untuk mengatur kelembaban dan alat untuk mengetahui kadar kelembaban didalam kotak tersebut. Alat yang mempunyai fitur tersebut, umumnya dalam bentuk dry cabinet. Jika anda sayang dengan arloji anda, simpanlah didalam dry cabinet dengan kadar kelembaban dibawah 50%. Udara Indonesia sangatlah lembab (lebih dari 60%) sehingga mengundang jamur bersarang didalam arloji anda.

500_dhc-100_1a_1410136874

Gambar 1. Dry cabinet merupakan lemari penyimpanan yang baik untuk menjaga kelembaban arloji mekanikal.

Jangan Membebani Mesin

Seringkali dalam memelihara arloji mekanikal, banyak diantara kita yang menggunakan mesin watch winder. Watch winder sebenarnya membuat mesin jam mekanikal terbebani, karena bekerja terus menerus. Sehingga, jika mesin mekanikal terus berputar, maka akan mempercepat keausan. Sebaiknya jam tangan mekanikal yang tidak dipakai, tiak perlu di winding, tapi biarkanlah mati, dan windinglah ketika akan dipakai. Sehingga kinerja mesin sesuai dengan peruntukannya dan memperlama aus.

01

Gambar 2. Tidak dianjurkan untuk menggunakan watch winder untuk jam tangan mekanikal.

Servis Rutin

Ketika anda memutuskan membeli jam tangan mekanikal, maka anda harus terus menjaga performa mesinnya. Umumnya pada manual book setiap jam tangan, akan terdapat anjuran untuk melakukan servis setiap 3 sampai 5 tahun sekali di servis center. Servis jam tangan umumnya mengecek parts yang mengalami keausan, lubrikasi atau memberi pelumas pada mesin serta adjusment-regulated agar akurasi kembali ke standar pabrikan. Oleh karena itu, servislah jam mekanikal anda setiap 3 sampai 5 tahun sekali agar jam anda awet dan bisa diwariskan kepada anak anda.

Categories: Info & Tips